Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabel GPU GeForce RTX 4090 Meleleh, Nvidia Dituntut di Pengadilan AS

KOMPAS.com - Pabrikan chip Nvidia dituntut di Amerika Serikat (AS) gara-gara masalah kabel meleleh di pengolah grafis (GPU) terbarunya, GeForce RTX 4090.

Tuntutan tersebut dilayangkan ke pengadilan distrik California Utara, AS oleh seorang korban yang bernama Lucas Genova pada Jumat (11/11/2022) waktu setempat.

Dalam tuntutan ini, Genova mengeklaim bahwa kabel dengan konektor 16-pin tipe baru berjenis 12-volt high-power (12VHPWR) meleleh beberapa saat setelah disambungkan ke unit GPU RTX 4090.

Konektor 12VHPWR diketahui merupakan teknologi baru Nvidia. Teknologi ini diperlukan RTX 4090 karena GPU tersebut memiliki konsumsi daya yang cukup besar, yaitu 450 watt untuk penggunaan biasa dan 600 watt untuk keperluan overclocking.

Belum diketahui apakah teknologi baru ini merupakan penyebab dari kabel meleleh tadi atau bukan.

Namun Genova mengeklaim bahwa ia telah memasang kabel tersebut dengan baik, dan masalah kemungkinan besar diakibatkan oleh fungsi konektor 12VHPWR yang cacat.

Konektor tersebut diketahui memang mengatur arus daya yang mengalir ke GPU, sehingga komponen ini bisa kepanasan dan meleleh apabila ada malfungsi.

Selain Genova, sebuah postingan di forum Reddit mengeklaim bahwa puluhan pengguna lain turut mengalami hal yang sama.

Berdasarkan postingan tersebut, kejadian ini melanda beberapa GPU RTX 4090 versi Founder Edition, serta beberapa GPU model serupa yang didesain oleh Asus, Gigabyte, dan MSI.

Kembali ke masalah pengadilan, tuntutan Genova tadi membuat Nvidia terancam hukuman yang melibatkan pelanggaran praktik bisnis yang tidak sehat, penipuan, perjanjian garansi, serta pelanggaran dua undang-undang bisnis yang berlaku di New York, AS.

Nvidia juga terancam mendapatkan tuntutan massal (class-action) yang melibatkan seluruh pengguna RTX 4090 karena kabel meleleh dianggap bisa membahayakan nyawa pengguna. 

Jika perusahaan asal Santa Clara, California, AS itu terbukti bersalah, maka mereka harus membayar ganti rugi yang dialami seluruh pembeli RTX 4090 karena menjual produk cacat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheRegister, Selasa (22/11/2022).

Nvidia tampaknya belum merespons tuntutan yang dikirimkan oleh Genova ini, dan mereka memiliki waktu hingga Desember 2022 mendatang untuk melakukan hal tersebut. 

Meski belum merespons, mereka mengetahui bahwa beberapa pengguna memang mengalami kasus kabel meleleh. Hal tersebut disampaikan Nvidia dalam laman layanan pelanggan yang bisa dilihat di tautan berikut ini.

Menurut Nvidia, mereka tengah melakukan investigasi menyeluruh terhadap semua laporan yang masuk seputar kabel GPU RTX 4090 yang meleleh, yang jumlahnya, menurut Nvidia, berkisar 50 kasus.

Kendati proses investigasi masih berlanjut, Nvidia menyebut bahwa insiden kabel meleleh tadi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu yang dianggap umum terjadi adalah kabel tidak tersambung dengan baik dengan konektor yang ada di dalam GPU.

"Untuk memastikan konektor aman, kami sarankan untuk mencolokkan kabel daya ke GPU melalui konektornya dengan aman dan benar, sebelum menyambungkan GPU ke motherboard," tulis Nvidia.

Selain saran, mereka juga memperlihatkan sebuah gambar yang mengilustrasikan dua kondisi di mana kabel dicolok dengan baik, dan di mana kabel belum dicolok dengan baik, sebagaimana tampak pada gambar di atas.

Selain kabel yang belum terpasang dengan baik, Nvidia juga mengatakan bahwa masalah kabel meleleh tadi mungkin bisa disebabkan oleh hal lainnya. Saat ini, penyebab lain tersebut tengah diselidiki oleh Nvidia.

"Nvidia dan mitra kami berkomitmen untuk mendukung pelanggan kami dan memastikan proses garansi, perbaikan, atau pengembalian produk (RMA) yang dipercepat, terlepas dari kabel atau kartu yang digunakan," pungkas Nvidia.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/22/14000027/kabel-gpu-geforce-rtx-4090-meleleh-nvidia-dituntut-di-pengadilan-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke