Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari di Android

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang digunakan miliaran pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk menunjang komunikasi personal, bisnis dan lain sebagainya.

Karena menunjang komunikasi pengguna, tak jarang aplikasi WhatsApp memuat data penting baik personal maupun data terkait pekerjaan. Pada akhirnya, keamanan menjadi faktor yang tak kalah penting dalam aplikasi ini.

Pihak WhatsApp sendiri sudah menerapkan sistem keamanan pada aplikasinya termasuk enkripsi yang akan mengubah kode pesan agar tidak mudah terbaca oleh pihak lain.

Nah, untuk menjaga keamanan aplikasi, setiap pengguna juga bisa mengunci WhatsApp dengan sidik jari, agar tidak mudah diakses oleh orang lain, khususnya akses dari ponsel langsung.

Dengan mengunci WhatsApp dengan sidik jari, data dalam aplikasi bisa lebih terjaga karena aksesnya dibatasi dari ponsel. Berikut cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari di WA Android.

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari

Seperti kunci ponsel, WhatsApp bisa dikunci dengan sidik jari. Bila opsi kunci aplikasi WhatsApp diaktifkan, maka pengguna harus membuka kunci setiap kali hendak mengakses WhatsApp.

Untuk mengaktifkan fitur kunci WhatsApp dengan sidik jari, khususnya pada ponsel Android, ikuti tahapan berikut.

Dari menu yang sama, Anda juga bisa mengatur berapa lama jeda aplikasi WhatsApp terbuka tanpa kunci hingga terkunci otomatis. Jedanya tersedia dalam tiga opsi, mulai dari sesegera mungkin, setelah 1 menit atau setelah 30 menit.

Selain itu, ada pula menu yang memungkinkan pengguna mengatur apakah preview pesan ingin ditampilkan pada bar notifikasi atau tidak. Dengan mengaktifkannya, isi pesan tidak akan mudah terbaca oleh orang lain yang berada di dekat pengguna.

Dalam situsnya, WhatsApp juga menerangkan bahwa aplikasinya bisa dikunci menggunakan pemindai wajah. KompasTekno tidak menemukan opsi pemindai wajah sebagaimana klaim WhatsApp untuk mengunci aplikasi.

Padahal, ponsel yang dipakai juga mendukung dan mengaktifkan pemindai wajah.

Adapun untuk dukungan mengunci WhatsApp dengan sidik jari, tersedia pada perangkat yang menjalankan Android 6.0 atau versi lebih baru.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/23/15040097/cara-mengunci-whatsapp-dengan-sidik-jari-di-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke