Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Oppo Band 2 untuk Mendukung Kegiatan Sehari-hari

KOMPAS.com - Oppo Band 2 adalah gelang pintar (smartband) terbaru Oppo yang dipasarkan di Indonesia.

Dengan banderol Rp 1,1 juta, perangkat wearable ini hadir dengan beragam fitur unggulan seperti 100 mode perekam aktivitas olahraga, pemantau kesehatan dan aktivitas tidur, hingga baterai yang diklaim awet hingga 14 hari.

Selain fitur olahraga dan kesehatan, Oppo Band 2 juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang berguna di kehidupan sehari-hari.

Fitur-fitur ini bisa diakses dengan mudah, yaitu dengan melakukan usapan (swipe) ke kiri pada tampilan utama Oppo Band 2. Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut?

1. Timer

Sesuai dengan namanya, Timer merupakan fitur yang bisa dipakai pengguna Oppo Band 2 untuk menghitung mundur waktu.

Fitur ini berguna bagi mereka yang doyan memasak supaya sesuai dengan resep yang diikuti. Timer juga berguna untuk menentukan berapa lama suatu kegiatan harus dilakukan atau diselesaikan, tentunya supaya tidak boros waktu.

Secara default, Oppo menyediakan penghitung mundur waktu mulai dari 2 menit hingga 15 menit. Namun, waktu tersebut bisa diatur kembali mulai dari 1 detik hingga 24 jam, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Alarm

Alarm merupakan fitur yang bisa dipakai pengguna sebagai pengingat waktu bangun tidur.

Fitur ini tentunya berguna bagi mereka yang ingin bangun sepagi mungkin, atau mereka yang suka terlambat bangun karena bergadang atau bekerja semalaman.

Supaya bisa membangunkan pengguna, Oppo Band 2 mengandalkan fitur getaran yang diklaim bisa dirasakan pengguna. 

Selain getaran, Alarm juga bisa dipadukan dengan nada suara, sebagaimana fitur alarm di perangkat elektronik pada umumnya.

3. Stopwatch

Stopwatch merupakan fitur penghitung tempuh yang bisa digunakan untuk mengukur seberapa lama pengguna mengerjakan sesuatu.

Biasanya, fitur ini dipakai di kegiatan olahraga untuk mengukur seberapa lama seseorang bergerak dari satu titik ke titik lainnya.

Fitur ini juga bisa membantu pengguna yang ingin mengetahui berapa lama mereka mengerjakan suatu pekerjaan atau hal lainnya yang dituntut oleh waktu.

Sebagaimana fitur yang sama di produk elektronik lain, Stopwatch di Oppo Band 2 juga bisa dijeda apabila kegiatan yang dilakukan pengguna terhenti karena suatu hal.

4. Music Control

Music Control memungkinkan pengguna mengontrol atau mengendalikan fitur playback musik yang sedang dimainkan di smartphone mereka.

Beberapa fitur playback yang bisa dikontrol melalui Oppo Band 2 mencakup fitur jeda (pause), putar lagu (play), lagu selanjutnya (next), hingga lagu sebelumnya (previous).

Dengan adanya Music Control, pengguna Oppo Band 2 tak perlu lagi membuka smartphone mereka untuk sekadar menjeda atau memainkan sebuah lagu.

Adapun fitur ini bisa digunakan apabila Oppo Band 2 pengguna sudah terhubung dengan smartphone, dan smartphone ini sedang membuka aplikasi pemutar lagu.

5. Flashlight

Flashlight merupakan fitur yang bisa dipakai pengguna ketika mereka ingin mencari sesuatu di kondisi lingkungan minim cahaya.

Jika digunakan, Flashlight akan mengubah layar Oppo Band 2 menjadi warna putih dan meningkatkan level kecerahannya (brightness) ke angka maksimal.

Dengan begitu, Oppo Band 2 bisa menjadi lampu senter ekstra yang bisa menerangi kondisi sekitar.

Meski demikian, cahaya yang dipancarkan layar Oppo Band 2 bisa dibilang memiliki jarak terbatas, sehingga pengguna harus mendekatkan layar smartband dengan obyek yang sedang mereka cari.

6. Find My Phone

Find My Phone merupakan fitur yang bisa digunakan untuk mencari smartphone pengguna yang telah terhubung dengan Oppo Band 2.

Ketika digunakan, Oppo Band 2 akan mengirimkan sinyal (via Bluetooth) kepada smartphone yang terhubung.

Lalu, smartphone tersebut akan mengeluarkan suara yang nyaring, supaya bisa ditemukan oleh pengguna yang sedang mencarinya.

Perlu dicatat, fitur ini hanya bisa dipakai ketika Oppo Band 2 berada di jarak yang dekat dengan smartphone yang terhubung. Biasanya, konektivitas Bluetooth memiliki jarak sekitar sekitar 10 meter.

Selain itu, fitur tersebut juga hanya bisa digunakan untuk mencari smartphone yang sudah terhubung dengan Oppo Band 2 saja, tidak bisa mencari smartphone lainnya.

Demikian enam fitur Oppo Band 2 yang bisa dibilang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Tertarik mencobanya? Pengguna bisa membeli Oppo Band 2 terlebih dahulu di berbagai toko Oppo di Indonesia dengan harga Rp 1,1 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/30/17300067/fitur-oppo-band-2-untuk-mendukung-kegiatan-sehari-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke