Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Binary Search, Cara Kerja, dan Keunggulannya

KOMPAS.com - Dalam algoritma pencarian terdapat enam jenis yang biasa digunakan. Diantaranya yaitu algoritma pencarian linier, algoritma pencarian biner, algoritma pencarian lompat, algoritma pencarian interpolasi, algoritma pencarian eksponensial, dan algoritma pencarian Fibonacci.

Diantara keenam jenis tersebut, algoritma pencarian linear dan biner adalah yang paling populer. Banyak orang menggunakan kedua jenis tersebut karena keunggulannya. Lantas apa yang dimaksud dengan Binary Search atau pencarian biner?

Selengkapnya berikut ini KompasTekno akan mengupas terkait pengertian, cara kerja, dan keunggulan algoritma pencarian biner.

Pengertian Binary Search

Sebelum memahami pengertian dari algoritma pencarian biner, mari kupas terlebih dahulu mengenai kata “pencarian” dalam kalimat “algoritma pencarian biner”.

Pencarian dalam konteks kalimat tersebut merujuk pada suatu pengertian yakni utilitas yang memungkinkan penggunanya menemukan dokumen, file, media, atau jenis data lainnya yang disimpan dalam database.

Cara kerja pencarian menggunakan prinsip sederhana yakni dengan mencocokkan kriteria dengan rekaman dan menampilkannya kepada pengguna. Sementara pencarian biner adalah jenis algoritma lanjutan yang menemukan dan mengambil data dari daftar item yang diurutkan.

Umumnya algoritma pencarian biner dikenal sebagai pencarian setengah interval atau pencarian logaritmik. Metode pencarian biner merupakan salah satu metode yang cepat dan efisien untuk menemukan nilai target tertentu dari sekumpulan item yang dipesan.

Hal ini dikarenakan cara kerja algoritma pencarian biner yang memulai di tengah daftar yang diurutkan. Maka hal tersebut secara efektif memotong setengah ruang pencarian dengan menentukan apakah akan naik atau turun daftar berdasarkan nilai median.

Cara kerja Binary Search

Algoritma pencarian biner bekerja dengan melibatkan pembagian data dalam daftar menjadi setengah hingga nilai yang diperlukan ditemukan. Kemudian ditampilkan kepada pengguna dalam hasil pencarian.

Ada dua metode yang dapat digunakan dalam algoritma pencarian biner, yakni metode iterasi dan rekursif. Metode iterasi adalah metode perulangan, sedangkan metode rekursif adalah metode yang mengikuti pendekatan bagi dan taklukkan.

Keunggulan Binary Search

Banyak orang menggunakan algoritma pencarian biner karena keunggulannya. Berikut sejumlah alasan yang membuat pencarian biner menjadi salah satu pilihan yang terbaik jika digunakan dalam algoritma pencarian.

  • Algoritma pencarian biner bekerja secara efisien pada data yang diurutkan terlepas dari ukuran data itu sendiri
  • Algoritma pencarian biner membuat siklus pencarian lebih pendek dan lebih akurat dengan secara acak mengakses data untuk menemukan elemen yang diperlukan. Tentunya ini sangat efisien dalam hal durasi waktu pencarian
  • Perbandingan data dalam algoritma pencarian biner diurutkan berdasarkan prinsip pengurutan daripada menggunakan perbandingan kesetaraan yang lebih lambat dan sebagian besar tidak akurat
  • Algoritma pencarian biner bekerja dengan membagi ukuran array menjadi setengah, sehingga pada iterasi berikutnya hanya akan bekerja di setengah array yang tersisa

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/03/03000047/pengertian-binary-search-cara-kerja-dan-keunggulannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke