Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Buat Tulisan Tebal, Miring, Coret, dan Monospace di WA

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat format tulisan menjadi miring, tebal, coret, atau monospace di WA. Pertama adalah dengan memasukan beberapa kode yang mengapit kata atau kalimat yang ingin diubah formatnya. Kedua adalah dengan menggunakan shortcut "tersembunyi" di WhatsApp.

Berikut cara membuat tulisan coret, miring, tebal, dan monospace di WhatsApp.

1. Cara ubah huruf di WhatsApp dengan kode

Seperti disebutkan sebelumnya, pengguna bisa menyisipkan beberapa kode khusus untuk mengubah format huruf di WhatsApp. Masing-masing format memiliki kode sendiri yang harus diingat. Berikut kode dan caranya.

Cara buat huruf miring di WA (italic)

Cara membuat huruf WA miring adalah dengan menggunakan kode atau tanda underscore (_) yang mengapit teks yang diinginkan. Contohnya adalah _selamat_.

Cara buat huruf tebal di WA (bold)

Cara membuat huruf WA tebal adalah denngan menggunakan tanda asterik (*) di depan dan belakang teks yang diinginkan. Contohnya adalah *hari ini*.

Cara membuat tulisan coret di WA (strikethorugh)

Cara membuat huruf WA menjadi dicoret, bisa menggunakan tanda underscore tilde (~) di depan dan belakang kata atau kalimat yang diinginkan. Sebagai contoh ~selamat hari ini~.

Cara membuat tulisan monospace di WA

Cara membuat tulisan monospace di WA adalah dengan meletakkan tiga simbol backticks (''') di depan dan belakang teks yang diinginkan. Contohnya adalah '''selamat hari ini cerah'''.

Keempat kode atau tanda di atas bisa digunakan di semua versi WhatsApp, baik mobile (smartphone), WA versi web, maupun WA versi desktop.

Selain menggunakan kode atau tanda seperti di atas, cara membuat tulisan miring, coret, tebal, dan monospace di WhatsApp juga bisa dilakukan dengan menggunakan shortcut yang tersedia di WhatsApp.

Cara kedua ini lebih mudah, lantaran pengguna tidak perlu mengingat-ingat kode untuk setiap format.

Untuk mengubah teks WhatsApp menjadi tebal, miring, dicoret, dan monospace, pengguna cukup mengeklik tombol "tersembunyi" seperti langkah berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman WhatsApp FAQ.

Perlu diperhatikan bahwa cara di atas kemungkinan tidak selalu bisa digunakan di semua ponsel. Pada tutorial kali ini, KompasTekno menggunakan perangkat Samsung Galaxy A71 dan Galaxy Note 9 yang menjalankan sistem operasi Android 10 dan One UI 2.5.

Apabila opsi tombol pintas untuk mengubah format huruf WhatsApp belum tersedia, pengguna bisa menggunakan cara pertama, yakni menyisipkan kode khusus untuk masing-masing format.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/04/10050087/2-cara-buat-tulisan-tebal-miring-coret-dan-monospace-di-wa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke