Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tampilan WhatsApp Grup Versi Desktop Berubah, Ada Foto yang Muncul

Perubahan ini terlihat di ruang obrolan grup atau group chat, yakni dengan hadirnya foto profil anggota grup di sebelah pesan yang dikirim. Sebelumnya, foto profil ini tidak muncul di dalam percakapan grup.

Pantauan KompasTekno, tampilan baru ini sudah bisa dinikmati pengguna WhatsApp desktop maupun web di Indonesia mulai hari ini, Rabu (7/12/2022). Tampilan group chat dengan foto profil ini sudah tersedia di WhatsApp desktop dan web versi 2.2245.9.

Tampilan baru ini tampaknya belum hadir secara merata di semua pengguna. Sebab, pantauan KompasTekno, masih ada pengguna yang belum kebagian tampilan baru ini.

Nantinya, foto profil pengguna bakal ikut muncul di sebelah kiri gelembung pesan (bubble chat), seperti gambar di atas.

Jadi, sekarang, pesan akan muncul lengkap dengan foto profil dan nama kontak pengguna. Tampilan ruang obrolan WhatsApp yang baru kini sangat mirip dengan tampilan ruang obrolan grup di Telegram.

Dengan munculnya foto profil di samping bubble chat, ini memungkinkan pengguna lebih mengenali pengirim pesan, terutama di grup besar dengan anggota banyak, di mana tidak semua kontak anggota disimpan oleh pengguna.

Namun, tampilan baru ini tidak serta merta menampilkan seluruh foto profil anggota grup. Sebab, foto profil dikategorikan sebagai personal informasi di WhatsApp. Sehingga, visibilitas foto profil dapat diatur sesuai keinginan pengguna masing-masing.

Pengguna bisa mengatur foto profilnya agar bisa dilihat oleh "everyone" (semua orang), "my contacts" (kontak saya), "my contacts except..." (kontak saya kecuali...), dan "nobody" (tidak seorangpun).

Skenarionya, pengguna baru bisa melihat foto profil orang lain di chat grup WhatsApp, apabila orang tersebut memilih opsi "everyone", atau nomor pengguna disimpan di kontak orang tersebut dan tidak dikecualikan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/07/11000057/tampilan-whatsapp-grup-versi-desktop-berubah-ada-foto-yang-muncul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke