Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Avatar WhatsApp Resmi Hadir di Indonesia

"Kami menghadirkan Avatar di WhatsApp! Sekarang Anda bisa menggunakan Avatar diri Anda sebagai stiker di dalam obrolan, dan akan lebih banyak gaya yang akan segera hadir di aplikasi," kata CEO Meta (induk WhatsApp) Mark Zuckerberg dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Pantauan KompasTekno, fitur Avatar ini belum merata disebar ke pengguna Indonesia. Biasanya, penggelontoran fitur baru memang dilakukan secara bertahap dan biasanya baru muncul di aplikasi dalam beberapa waktu ke depan.

Nantinya, fitur Avatar bisa ditemukan lewat menu "Settings" (Pengaturan). Dengan fitur Avatar, pengguna WhatsApp bisa membuat gambar tiga dimensi mirip dirinya sendiri. Fitur Avatar di WhatsApp ini sangat mirip dengan fitur Avatar yang hadir lebih dulu di Instagram.

Seperti di Instagram, pengguna WhatsApp kini bisa membuat Avatar dengan beberapa elemen yang dipersonalisasi.

Misalnya, pengguna bisa menyesuaikan gaya rambut, bentuk mata, hidung, mulut, bentuk kepala, sesuai keinginannya. Pengguna juga bisa memilih aksesori dan pakaian yang ingin disematkan pada Avatar WhatsApp sesuai keinginan.

Setelah dibuat, Avatar ini akan muncul dalam bentuk stiker. Pengguna bakal memiliki 36 stiker Avatar yang bisa langsung digunakan ketika berkirim pesan di chat personal maupun grup WhatsApp.

Avatar tersebut tersedia dalam berbagai ekspresi, mulai dari senang, sedih, terkejut, dan lainnya. Selain stiker, Avatar yang sudah dibuat juga bisa dijadikan foto profil WhatsApp.

Cara membuat WhatsApp Avatar

Berikut panduan membuat avatar di WhatsApp:

Di menu Avatar, pengguna bisa mengeklik menu "Browse stickers" untuk melihat stiker WA apa saja yang dibuat berdasarkan avatar tersebut, atau "Create profile photo" untuk menjadikan avatar itu sebagai foto profil WA.

Selain itu, pengguna juga bisa mengeklik ikon "pena" untuk mengedit avatar, atau mengeklik menu "Delete avatar" untuk menghapus avatar yang sudah dibuat dan menggantinya dengan yang baru.

Apabila pengguna ingin mengirim stiker WA yang sesuai dengan avatar yang sudah dibuat, pengguna bisa membuka kolom emotikon dan pilih ikon "Avatar" yang terletak di sebelah kanan kolom "Sticker", sebagaimana gambar paling kanan di atas.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/07/15010017/fitur-avatar-whatsapp-resmi-hadir-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke