Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pasang Set Top Box di TV Tabung untuk Nonton Siaran TV Digital

Setelah beberapa wilayah tertentu, termasuk Jabodetabek, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga mematikan siaran analog di wilayah Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam.

Sehingga, warga di wilayah tersebut saat ini hanya bisa menyaksikan siaran digital saja. Masyarakat tidak perlu panik untuk segera membeli TV digital baru.

Sebab, TV analog masih bisa digunakan untuk menonton siaran digital dengan tambahan alat dekoder bernama set top box (STB). Dengan STB, semua jenis TV analog, bisa digunakan untuk menonton siaran digital, termasuk model TV Tabung.

Nah, cara pasang set top box di TV tabung, secara umum hampir sama seperti cara memasang STB ke TV analog model lain. Namun, cara memasang set top box di TV tabung bisa jadi lebih sederhana, lantaran umumnya tidak perlu menggunakan kabel HDMI.

Sebab, hanya TV analog model tertentu saja yang memerlukan HDMI untuk menyambungkan STB ke TV analog. Adapun TV analog yang memerlukan kabel HDMI untuk menghubungkan STB bisa disimak di artikel berikut.

Lalu, bagaimana cara pasang set top box di TV tabung? Berikut langkah-langkah untuk memasang STB ke TV analog model tabung.

Setelah disimpan, akan ada beberapa channel siaran TV digital yang bisa dinikmati. Demikian cara pasang set top box di TV tabung, sebagaimana KompasTekno himpun dari kanal YouTube Kominfo Newsroom.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/07/16010037/cara-pasang-set-top-box-di-tv-tabung-untuk-nonton-siaran-tv-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke