Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pantau Kondisi Terkini Erupsi Gunung Semeru lewat Google Maps

KOMPAS.com - Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu lalu, 4 Desember 2022. Aktivitas erupsi atau letusan vulkanik itu membuat status Gunung Semeru hingga saat ini berada pada level 4 (Awas).

Untuk diketahui, setahun lalu, tepatnya pada 4 Desember 2021, erupsi Gunung Semeru juga pernah terjadi. Pada tahun ini, erupsi Gunung Semeru terjadi dengan disertai luncuran Awan Panas Guguran (APG) dan gempa. Untuk gempa, tercatat masih terjadi hingga kini.

Per Rabu (7/12/2022), dari pukul 06.00-12.00 WIB, berdasar pengamatan PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), terjadi 25 kali gempa letusan dengan amplitudo 11-22 mm berdurasi 80-110 detik.

PVMBG sendiri punya website yang beralamatkan di “magma.esdm.go.id”. Untuk memantau erupsi Gunung Semeru terkini, masyarakat bisa memanfaatkan website tersebut. Selain di “magma.esdm.go.id”, pantauan juga bisa dilakukan di Google Maps.

Lantas, bagaimana cara pantau erupsi Gunung Semeru lewat Google Maps? Saat ini, di Google Maps, terdapat legenda atau tanda peringatan bencana pada titik lokasi Gunung Semeru. Lewat tanda itulah erupsi Gunung Semeru bisa dipantau.

Bila hendak mengetahui lebih lanjut soal cara pantau erupsi Gunung Semeru lewat Google Maps, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Itulah penjelasan mengenai cara pantau erupsi Gunung Semeru lewat Google Maps. Sebagai informasi tambahan, lantaran Gunung Semeru masih dalam status Awas, PVMBG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan melakukan tindakan sebagai berikut:

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/08/09300017/cara-pantau-kondisi-terkini-erupsi-gunung-semeru-lewat-google-maps

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke