Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Rekam Video Konser Musik Tanpa Ribet Pakai FlexCam Galaxy Z Flip 4

KOMPAS.com - Mendatangi suatu konser musik merupakan suatu kegiatan yang cukup melelahkan.

Selain seru-seruan dan bernyanyi hingga teriak bersama, penonton konser musik juga biasanya bakal merekam video atau memotret suasana acara serta aksi penyanyi favorit mereka di atas panggung.

Khusus untuk merekam video, aktivitas seperti ini biasanya bisa membuat pegal tangan  pengguna, apalagi jika mereka merekam video dengan rasio atau orientasi ponsel landscape, bukan portrait.

Sebab, mereka biasanya harus menggunakan dua tangan supaya video yang direkam minim guncangan.

Nah dengan ponsel lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip 4, pengguna tak akan lagi merasa pegal saat merekam video konser musik.

Pasalnya, perangkat ini dibekali dengan FlexCam, suatu fitur yang memungkinkan pengguna merekam video landscape dengan cara memegang ala perekam video lawas handycam.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup melipat Galaxy Z Flip 4 di antara sudut 75-115 derajat (dilipat setengah), lalu memegang bagian bawah perangkat dan mengubah orientasi ponsel menjadi landscape.

Kemudian, pengguna bisa membuka aplikasi kamera dan memilih menu "Video".

Di tampilan Video, pengguna lantas bisa memilih rasio dan resolusi video yang diinginkan (hingga 4K 60 FPS), serta mengaktifkan fitur pendukung lainnya macam Super Steady untuk meredam guncangan ketika proses perekaman video berlangsung.

Jika sudah, maka pengguna tinggal menekan tombol "Shutter" yang berwarna merah untuk memulai proses perekaman, dan lalu menekan tombol "Stop" untuk menghentikan atau "Pause" untuk menjeda perekaman video.

Ketika proses perekaman berlangsung, pengguna bisa mencubit (pinch) viewfinder yang menampilkan gambar video untuk melakukan pembesaran digital (digital zoom) hingga maksimal 10x.

Nah, KompasTekno berkesempatan mencoba fitur FlexCam untuk merekam ala handycam ini di acara festival musik Head in the Clouds (HITC) Jakarta 2022. Bagaimana hasilnya?

Lantas, bagaimana pengalaman merekam video menggunakan FlexCam Galaxy Z Flip 4 di HITC Jakarta 2022?

Menurut kami, fitur ini cukup cocok dipakai untuk kegiatan perekaman video yang kami lakukan berkali-kali di festival musik tersebut.

Sebab, mode perekaman ala handycam ini membuat tangan kami tidak merasa lelah, mengingat kita sudah pegal berdiri selama berjam-jam di depan panggung, tepatnya di area festival.

Terlebih, hasil video juga tak akan terlalu berguncang ketika menggunakan fitur FlexCam, mungkin karena dipegang secara stabil dengan satu tangan.

Adapun fitur Super Steady tidak kami aktifkan di sepanjang mode perekaman. Pasalnya, fitur ini bisa membuat hasil rekaman video kurang terang, sehingga kami memutuskan untuk menonaktifkan fitur penstabil gambar digital khas Samsung ini.

Seperti diketahui, acara HITC Jakarta 2022 digelar dari siang hingga malam hari, dan kami tidak menemukan adanya masalah pada kualitas video ketika melakukan perekaman ketika terang maupun gelap.

Boleh jadi, perekaman video lancar dan mulus karena sudah ada fitur Nightography yang bisa meningkatkan kualitas gambar yang diambil dengan kamera Galaxy Z Flip 4 di kondisi malam hari.

Untuk kualitas video maksimal, kami menggunakan mode perekaman video 4K dengan frame rate 60 FPS, dan mode pembesaran digital yang kami sering gunakan adalah 2x-4x.

Di angka pembesaran ini, kami, yang berdiri sekitar 10-25 meter dari panggung konser, menilai bahwa kualitas gambar masih terlihat cukup bagus dan tajam.

Adapun hasil video yang kami ambil di ajang HITC Jakarta 2022 mayoritas memiliki kualitas yang cukup baik, lantaran memiliki resolusi 4K.

Nah, pengguna yang ingin merekam video konser musik ala handycam menggunakan Galaxy Z Flip 4 bisa membeli perangkat tersebut dengan harga termurah Rp 14 juta (8 GB/128 GB). Ponsel lipat ini bisa dibeli di berbagai toko Samsung yang tersebar di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/09/17300027/cara-rekam-video-konser-musik-tanpa-ribet-pakai-flexcam-galaxy-z-flip-4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke