Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xiaomi Mini PC Meluncur, Komputer Desktop Mungil Pesaing Mac Mini

Berbeda dengan desktop PC kebanyakan, produk terbaru Xiaomi ini memiliki form factor ringkas nan mungil, mirip dengan desktop PC bikinan Apple, Mac Mini.

Bentuknya juga tampak mirip Mac Mini. Xiaomi Mini PC memiliki dimensi 112 mm x 112 mm x 38 mm. Dengan ukuran ini, Xiaomi Mini PC bisa digenggam dengan tangan. Meski bentuknya kecil, Xiaomi Mini PC memiliki spesifikasi yang mumpuni dan bertenaga.

Di dalam desktop PC berbobot 437 gram tersebut, Xiaomi menyematkan prosesor (CPU) Intel Generasi ke-12 (Intel Core i5-1240P, 12-core, 16-thread) dengan kecepatan clock maksimal 4,4 GHz. 

CPU yang memiliki cache sebesar 12 MB dan konsumsi daya (TDP) sebesar 40 W ini dipadukan dengan pengolah grafis terintegrasi Intel Iris X. GPU ini dibekali dengan 80 execution units (EUs) yang punya kecepatan clock maksimal 1,3 GHz.

Pada sektor memori, Xiaomi Mini PC mendukung RAM DDR4 16 GB (bisa di-upgrade hingga 64 GB), serta media penyimpanan (storage) PCIe 4.0 SSD 512 GB (bisa di-upgrade hingga 4 TB).

Untuk aspek software, Xiaomi Mini PC menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11. Desktop PC yang bisa digenggam dengan satu tangan ini juga mendukung pemasangan OS lainnya seperti Ubuntu, OpenWWRT, UNRAID, hingga EXSI.

Fitur pendukung lainnya di Xiaomi Mini PC mencakup dukungan empat monitor beresolusi 4K, serta dukungan konektivitas WiFi 6 dan Bluetooth 5.3.

Ada pula kipas berkecepatan 4.600 RPM untuk mendinginkan seluruh komponen hardware yang ada di dalam Xiaomi Mini PC.

Di China, Xiaomi Mini PC hanya tersedia dalam warna hitam dan dijual dengan harga 3.699 yuan atau sekitar Rp 8,2 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Rabu (14/12/2022).

Belum bisa dipastikan apakah produk ini bakal dipasarkan di luar China, seperti di Indonesia, atau tidak. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/14/10000027/xiaomi-mini-pc-meluncur-komputer-desktop-mungil-pesaing-mac-mini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke