Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gara-gara Piala Dunia 2022, Google Search Pecahkan Rekor

KOMPAS.com - Ajang Piala Dunia 2022 Qatar (FIFA World Cup 2022) tampaknya membuat mesin pencarian Google memecahkan rekor trafik pencarian.

Pasalnya, banyak orang berbondong-bondong mengakses situs web Google hanya untuk sekadar mencari-cari informasi seputar perhelatan sepak bola yang digelar dalam empat tahun sekali tersebut.

Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai. Dalam sebuah twit yang diunggah melalui handle @sundarpichai, Pichai mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian terbesar Google selama lebih dari dua dekade terakhir. 

Pichai tidak menjelaskan secara terperinci seberapa besar sebenarnya trafik Piala Dunia Qatar 2022, begitu juga jumlah pengguna yang mengakses situs web Google.com pada hari terakhir pesta sepak bola dunia tersebut. 

Namun, berdasarkan halaman Google Trends, sejumlah kata kunci (keyword) atau topik yang berkaitan dengan Piala Dunia 2022 Qatar memang menempati posisi teratas di beberapa negara, tepatnya pada ajang Final yang digelar pada Minggu (18/12/2022) malam.

Jika melihat halaman Google Trends versi Indonesia, misalnya, "Argentina" dan "Prancis vs Argentina" keluar sebagai kata kunci terpopuler di Google Search pada 18 Desember 2022 lalu. Kedua kata kunci ini masing-masing dicari sebanyak 5 juta dan 2 juta kali.

Seperti diketahui, Argentina dan Perancis merupakan dua negara yang lolos ke ajang Final Piala Dunia Qatar 2022.

Argentina keluar menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Perancis melalui babak adu penalti. Pasalnya, pertandingan berakhir dengan skor seri, yaitu 3-3.

Dalam babak adu penalti, Argentina berhasil mencetak empat poin gol, sedangkan Perancis hanya mampu mencetak dua poin gol sehingga skor akhir di babak adu penalti menjadi 4-2.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/20/13000027/gara-gara-piala-dunia-2022-google-search-pecahkan-rekor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke