Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gmail Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk, Begini Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Gmail adalah salah satu layanan e-mail yang diberikan oleh Google. Mayoritas masyarakat menggunakan layanan Gmail sebagai e-mail pribadi maupun bisnis.

Akan tetapi, terkadang masih terdapat beberapa kesalahan teknis yang menyebabkan terhentinya e-mail atau tidak masuknya pesan e-mail pada kotak masuk.

Hal ini mungkin akan menjadi masalah yang besar jika itu terjadi pada pesan yang berisi tawaran kerja atau undangan interview, karena Anda bisa kehilangan kesempatan tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan bahwa Gmail berada pada pengaturan dan filter yang sesuai, sehingga e-mail apapun akan selalu masuk pada kotak masuk Anda.

Apabila sedang mengalami hal ini, berikut KompasTekno telah merangkum cara mengatasi Gmail yang tidak bisa menerima pesan masuk.

Periksa folder spam

Pesan yang masuk pada Gmail, terkadang bisa dikategorikan sebagai spam. Oleh karena itu, sistem memasukkannya dalam folder spam, alih-alih ke kotak masuk.

Pengkategorian sebagai spam ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kata yang terdapat dalam e-mail memiliki kesamaan dengan filter spam dan pengguna lain banyak menandai pengirim sebagai spam. Untuk mengatasi hal ini, berikut cara mengeluarkan pesan dari folder spam.

  • Buka pesan Gmail Anda
  • Klik “Laporkan Bukan Spam” pada kolom yang tersedia
  • Buka “Kotak Masuk” untuk memastikan bahwa pesan yang telah Anda laporkan sebagai bukan spam telah masuk ke kotak masuk

Periksa pada menu “Sampah”

Ketika menghapus sebuah e-mail, kemungkinan besar e-mail tersebut terbawa ke dalam folder sampah. Oleh karena itu pesan yang Anda cari tidak ada di kotak masuk.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa masuk ke bagian menu “Sampah”, ketik “in:trash<katakunci>, atau langsung ketik kata kunci pesan e-mail pada kolom pencarian.

Periksa koneksi internet

Tidak masuknya e-mail ke Gmail juga bisa disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Cek penyimpanan akun Google

Cek kembali penyimpanan akun Google Anda. Google sendiri memberi penyimpanan gratis hingga 15 GB.

Namun apabila pengguna merasa tidak dapat menerima pesan, kemungkinan kapasitas penyimpanan telah mencapai maksimal. Untuk mengatasinya Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut ini.

Jika masih merasa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk cobalah untuk cek pada pengaturan email. Cek apakah Anda tidak sengaja mengaktifkan secara otomatis fitur forward beberapa alamat e-mail ke e-mail lain. Untuk mengeceknya berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka menu “Setelan/Settings”
  • Pilih “Forwarding and POP/MAP”
  • Klik “Disable forwarding”

Demikian cara mengatasi Gmail yang tidak dapat menerima pesan. Semoga membantu. 

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/22/17300067/gmail-tidak-bisa-menerima-pesan-masuk-begini-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke