BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Salin Artikel

Jadi Perangkat Andalan Ilustrator, Ini Kelebihan Menggambar dengan Tablet

KOMPAS.com – Jika Anda memiliki bakat menggambar, profesi ilustrator bisa menjadi opsi karier untuk ditekuni. Gaji profesi ini berkisar antara Rp 7 juta hingga Rp 10 juta. Selain itu, ilustrator juga bisa menambah penghasilan dengan menjadi pekerja lepas atau freelancer serta menjual gambar ilustrasi di situs stok foto, seperti Shutterstock.

Di era digital, profesi tersebut juga dimudahkan dengan keberadaan gadget, seperti tablet. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggambar di kertas dan memindainya agar bisa dipoles di komputer.

Dikutip dari makeuseof.com, Kamis (4/5/2022), penggunaan tablet punya banyak manfaat bagi seorang ilustrator. Pertama, tablet memiliki bermacam fitur yang dapat membantu proses menggambar. Salah satunya adalah fitur undo-redo yang dapat membatalkan dan mengulang tahapan menggambar.

Kemudian, tablet juga memiliki fitur zoom-in dan zoom-out dengan jari untuk mempermudah pemberian warna dan mengecek detail pada gambar.

Fitur pewarnaan pada tablet juga sudah dilengkapi dengan pilihan warna yang bervariasi. Anda bisa pula menambahkan effect atau background secara mudah dengan tablet untuk memperindah gambar ilustrasi.

Selain itu, tablet juga memudahkan ilustrator dalam membuat layer untuk karyanya. Layer sendiri adalah lapisan-lapisan lembar kerja untuk meletakkan berbagai obyek. Dengan membuat layer, ilustrator lebih mudah dalam menyusun komposisi pada gambar yang dibuat.

Kedua, ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Tablet umumnya memiliki berat di kisaran 400-500 gram. Selain itu, dimensinya pun tak sebesar laptop yang biasanya berukuran 14-15 inci. Adapun tablet terbaru memiliki ukuran layar 10 inci.

Dengan berat dan dimensi seperti itu, Anda bisa dengan mudah membawa tablet, baik ditenteng maupun dimasukkan ke dalam tas. Anda pun dapat menggambar di mana pun dan kapan pun ketika tiba-tiba muncul ide.

Ketiga, dibekali fitur multitasking. Tablet bisa dibilang sudah seperti laptop, tetapi dengan berat dan ukuran yang lebih kompak. Tablet terbaru umumnya sudah dibekali fitur multitasking selayaknya laptop. Anda pun dapat menjalankan dua program sekaligus dan keduanya mendapatkan porsi yang sama pada layar.

Keempat, dilengkapi stylus pen. Tablet terbaru sudah dilengkapi dengan stylus pen yang memiliki latensi rendah dan tingkat sensitivitas 4.096. Dengan fitur ini, Anda bisa merasakan pengalaman menggambar menggunakan stylus pen di tablet seperti pensil di kertas.

Tablet pilihan ilustrator

Keempat manfaat tersebut dirasakan oleh salah satu seniman kawakan Tanah Air, Muhammad Taufiq yang akrab disapa Emte. Ia adalah seorang perupa asal Jakarta yang telah berkecimpung di dunia seni selama 21 tahun.

Ia telah terlibat dalam sejumlah proyek kolaborasi, seperti mural, komik, dan desain grafis. Komik terbarunya Gugug! yang diterbitkan pada 2018 berhasil terpilih sebagai lima besar intellectual property (IP) terbaik oleh Badan Ekonomi Kreatif pada 2019.

Emte sendiri menggunakan tablet terbaru Oppo, yakni Oppo Pad Air, dalam membuat ilustrasi digital. Tablet ini memudahkan dirinya dalam membuat ilustrasi, mulai dari penyusunan layer hingga pemberian efek.

"Berkarya di era digital banyak memberikan kemudahan. Perangkat digital membuat saya tidak perlu menyiapkan berbagai alat gambar dan dapat berkreativitas secara instan," kata Emte.

Emte bercerita, Oppo Pad Air menyediakan beragam fitur, drawing tools yang lengkap, dan variasi palet warna yang beragam. Karena fitur-fitur itu, tablet ini memudahkan Emte dalam menerjemahkan imajinasinya ke dalam visual yang indah.

"Saya menggunakan Oppo Pad Air untuk menuangkan hasil karya dengan cara yang lebih praktis ketimbang menggambar di atas kertas. Salah satu yang paling terasa perbedaannya adalah saya bisa menggunakan fitur undo untuk meminimalkan kesalahan," jelas Emte.

Selain itu, Emte juga sangat terbantu dengan Oppo Pad Air karena mampu melakukan multitasking, seperti ketika digunakan untuk meeting dengan klien. Desain Oppo Pad Air juga terlihat elegan, nyaman, dan mudah dibawa.

"Menggambar ilustrasi dengan Oppo Pad Air sangat praktis karena bisa dibawa ke mana saja. Kalau ada ide, bisa langsung saya kreasikan dengan tablet ini. Oppo Pad Air sangat nyaman dan membantu saya banget," tutur Emte.

Untuk diketahui, Oppo Pad Air menggunakan chipset Snapdragon 680 yang dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) System Booster 2.1 sebagai dapur pacu. Prosesor 8-inti atau octa-core ini mampu menghadirkan performa yang stabil untuk berbagai aktivitas multitasking tanpa kendala.

"Cukup dengan satu perangkat, Oppo Pad Air memudahkan saya untuk melakukan banyak hal dengan cara yang lebih praktis. Saya bisa exploring lebih banyak hal," ucap Emte.

Emte pun telah membuktikan kinerja Oppo Pad Air ketika menggunakan salah satu aplikasi sketch. Hasilnya, pembuatan ilustrasi berjalan dengan baik. Fitur yang ada aplikasi itu juga dapat dijalankan dengan lancar pada Oppo Pad Air.

"Pada dasarnya, semua fitur pada aplikasi sketch itu sama, tergantung pada kenyamanan saat menggunakannya. Selama menggunakan Oppo Pad Air, saya bisa beradaptasi dengan cepat saat pengoperasian tablet dan stylus," papar Emte.

Terlebih, stylus pen pada Oppo Pad Air sangat responsif dan memiliki tingkat sensitivitas tekanan 4.096 sehingga akurat dan presisi saat digunakan. Stylus pen untuk tablet ini juga dibekali dengan baterai yang mampu bertahan selama satu tahun atau setara 10.000 jam siaga.

"Saya suka stylus pen Oppo Pad Air yang sangat responsif. Saat menggambar juga menjadi sangat mudah karena stylus ini memiliki sudut kemiringan yang patut diacungi jempol," papar Emte.

Dengan latensi ultrarendah, stylus pen pada Oppo Pad Air dapat bekerja sangat responsif untuk menangkap setiap gerakan pengguna. Pengoneksian juga sangat mudah, tanpa memerlukan proses pairing.

Oppo Pad Air menggunakan layar beresolusi 2K yang mampu menampilkan warna hasil ilustrasi dengan tajam dan akurat. Layarnya berukuran 10,36 inci dan dapat memberikan sudut pandang yang luas.

"Dengan layar Oppo Pad Air yang luas, saya bebas untuk menggambar ilustrasi dengan ukuran apa pun," ujar Emte.

Anda yang ingin berkarier sebagai ilustrator dapat menggunakan Oppo Pad Air seperti Emte. Tablet perdana Oppo ini tersedia dalam warna abu-abu dengan konfigurasi random access memory (RAM) 4 gigabita (GB) dan memori internal 64 GB. Gadget ini dibanderol dengan harga Rp 3.999.000.

Gadget tersebut sudah bisa dipesan di Oppo Gallery dan Oppo Store di seluruh Indonesia. Anda juga dapat memesan Oppo Pad Air di Oppo Official Store yang terdapat di e-commerce.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/23/17300097/jadi-perangkat-andalan-ilustrator-ini-kelebihan-menggambar-dengan-tablet

Bagikan artikel ini melalui
Oke