Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

47 Ponsel Android dan iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Tahun Depan

Ini merupakan hal wajar. Sebab, setiap tahunnya, WhatsApp secara berkala menyetop dukungan untuk beberapa sistem operasi (OS) Android dan iOS. Umumnya, sistem operasi yang tidak lagi didukung adalah versi lama, yang tidak lagi relevan dengan fitur baru yang digelontorkan WhatsApp.

"Dukungan perangkat dan software sering berubah, jadi kami secara berkala meninjau sistem operasi apa yang kami dukung untuk membuat pembaruan (update)," tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Nah, di update kali ini, ponsel yang tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi adalah smartphone Android yang menjalankan sistem operasi Android 4.0 dan iPhone yang menjalankan iOS 11.

Itu artinya, hanya ponsel-ponsel keluaran lama yang tidak akan lagi didukung WhatsApp. WhatsApp mengatakan, perangkat dan software yang sudah tidak lagi didukung kemungkinan hanya digunakan sedikit pengguna saat ini.

"Perangkat itu juga mungkin sudah tidak lagi mendapat pembaruan keamanan atau kurang berfungsi saat menjalankan WhatsApp," kata WhatsApp.

Lantas, apa yang terjadi apabila perangkat tidak lagi didukung WhatsApp? WhatsApp akan lebih dulu memberikan notifikasi untuk perangkat yang tidak akan lagi didukung.

Notifikasi itu akan berisi imbauan untuk melakukan update software atau bahkan menggunakan perangkat baru yang sistem operasinya masih relevan. Namun, mengingat daftar berikut agaknya sudah sulit mendapat pembaruan sistem operasi, ada baiknya untuk mengganti perangkat.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar ponsel Android dan iPhone yang tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp tahun depan, dirangkum KompasTekno dari Giz China, Rabu (28/12/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/28/19160077/47-ponsel-android-dan-iphone-yang-tidak-bisa-pakai-whatsapp-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke