Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Kalahkan TikTok Jadi Layanan Internet Terpopuler di Dunia 2022

KOMPAS.com - TikTok tampaknya tak sepopuler tahun lalu. Pasalnya, trafik di platform media sosial berbasis video pendek itu kini kembali dikalahkan oleh situs mesin pencari populer Google.

Setidaknya begitu menurut daftar layanan internet terpopuler di tahun 2022 yang dibuat oleh perusahaan penyedia jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network), CloudFlare.

Dalam daftar itu, Google menjadi layanan internet terpopuler sepanjang 2022, dan berhasil menurunkan TikTok ke posisi ketiga di daftar tersebut.

Sebelumnya pada 2021 lalu, CloudFlare menobatkan TikTok sebagai layanan internet terpopuler di tahun tersebut, mengalahkan Google yang kala itu berada di posisi kedua.

Meski Google ada di peringkat pertama, CloudFlare menjelaskan bahwa daftar layanan internet terpopuler tahun ini tidak bisa dibandingkan dengan daftar tahun lalu.

Sebab, CloudFlare tahun ini mengadopsi algoritma baru untuk mencatat trafik layanan-layanan internet yang ada di seluruh dunia, dan daftar layanan internet terpopuler 2022 dihasilkan berdasarkan algoritma tersebut.

Selain itu, CloudFlare juga kini menggabungkan seluruh situs Google yang aktif, seperti Google.com, Mail.google.com, dll menjadi satu domain Google, sehingga trafiknya bisa lebih tinggi dari platform atau layanan internet lain.

Namun, CloudFlare tetap memisahkan layanan internet yang berada di bawah naungan Meta macam Facebook hingga Instagram.

Kembali ke daftar layanan internet terpopuler 2022 tadi, di bawah Google, ada Facebook dan Apple yang memiliki trafik internet terbesar kedua dan ketiga di dunia sepanjang 2022.

Menurut CloudFlare, trafik layanan internet Apple sendiri kurang lebih sama dengan TikTok, sehingga kedua layanan internet ini bisa berada di posisi ketiga, juga bisa berada di posisi keempat (bisa dibolak-balik).

Melengkapi lima besar, ada platform video pendek YouTube yang berada di bawah Apple dan TikTok.

Selengkapnya, berikut daftar 10 layanan internet terpopuler di dunia pada 2022 versi CloudFlare, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CloudFlare, Sabtu (31/12/2022).

1. Google
2. Facebook
3. Apple, TikTok (trafiknya sama banyak)
5. YouTube
6. Microsoft
7. Amazon Web Services
8. Instagram
9. Amazon
10. iCloud, Netflix, Twitter, Yahoo (trafiknya sama banyak)

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/31/19000057/google-kalahkan-tiktok-jadi-layanan-internet-terpopuler-di-dunia-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke