Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Gadget Apple yang Tidak Lagi Diproduksi, Ada iPhone 11

Hadirnya serangkaian gadget terbaru Apple itu membuat sejumlah perangkat lama buatannya dipensiunkan. Tujuannya tak lain untuk memberi ruang produk yang lebih baru di masa yang akan datang, terutama yang akan dirilis tahun ini.

Dilansir KompasTekno dari BGR, Selasa (3/1/2023), setidaknya ada lima produk Apple yang produksinya sudah disetop mulai tahun lalu.

Dengan demikian, produk-produk ini tidak akan lagi ditemukan di pasaran untuk versi barunya. Apabila masih tersedia, kemungkinan adalah sisa stok atau produk bekas. Berikut adalah lima produk Apple produksinya disetop sejak tahun 2022.

Bulan Maret lalu, Apple merilis Mac Studio dan Studio Display baru. Peluncuran dua perangkat itu turut menandakan akhir dari iMac 27inci yang diluncurkan tahun 2014 lalu. Artinya, iMac 27 inci tidak akan lagi ditemukan di toko online Apple.

iMac 27 merupakan komputer terakhir Apple yang ditenagai oleh prosesor Intel. Setelah iMac 27 tidak lagi diproduksi, iMac 24 inci dengan chip M1 menjadi satu-satunya komputer all-in-one yang dijual Apple saat ini.

Apple TV HD, perangkat yang diluncurkan pada tahun 2015 lalu, kini telah dipensiunkan. Perangkat ini mengandalkan chipset A8 yang dirancang dengan fabrikasi 64-bit.

Seperti namanya, perangkat ini menawarkan tampilan gambar streaming yang beresolusi HD. Akan tetapi, popularitas dari perangkat ini tergantikan oleh Apple TV 4K yang diluncurkan pada akhir 2022 lalu.

Apple TV HD mulanya dirilis sebagai Apple TV generasi keempat. Namun, namanya diubah menjadi Apple TV HD karena perangkat ini mendukung kualitas video 1080 piksel.

Apple Watch Series 3 telah berumur sekitar lima tahun dan sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 2017 lalu. Perangkat ini juga menjadi perangkat pertama bikinan Apple yang mendukung jaringan LTE.

Tidak hanya itu, dibandingkan arloji pintar (smartwatch) model sebelumnya, perangkat ini disebut memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Saat diluncurkan, Apple Watch Series 3 dibanderol 199 dollar AS.

4. Apple Watch Edition

Selain menyetop Apple Watch Series 3, Apple juga menghentikan produksi Apple Watch Edition yang sudah dirilis sejak tahun 2015 lalu.

Apple Watch Edition ini tampil dengan desain premium karena casing-nya dibalut dengan material seperti emas, keramik, hingga titanium. Dengan demikian, Apple Watch Ultra saat ini menjadi satu-satunya smartwatch Apple yang menawarkan casing premium.

Di awal tahun 2022, tepatnya pada bulan Mei, akhirnya Apple resmi menghentikan masa produksi iPoud Touch. Memang, iPod Touch sudah bertahun-tahun tidak mendapatkan update dari Apple sebelum akhirnya pensiun.

Apple juga tidak lagi memajang iPod Touch di toko online-nya. Dalam pengumumannya beberapa waktu lalu, Apple mengatakan tidak akan lagi memproduksi iPod Touch 2019.

Begitu pula dengan iPod Touch generasi kedelapan, dipastikan tidak akan diluncurkan. Artinya, produk iPod Touch resmi berhenti, sebagaimana dihimpun dari Apple Insider.

Produk terakhir yang diberhentikan masa produksinya adalah iPhone 11 series. Ponsel pintar ini diluncurkan tahun 2019 lalu. iPhone ini menjadi satu-satunya smartphone yang masih hadir dengan layar LCD dan tidak mendukung jaringan 5G.

Saat ini, Apple lebih fokus memasarkan iPhone 5G yang debut lewat iPhone 12 series tahun 2020 lalu. Artinya, jajaran iPhone yang kini dijual Apple dalam versi baru hanya iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14 series.

Namun, ada rumor yang mengungkapkan bahwa iPhone 11 bakal di-rebranding menjadi iPhone SE generasi selanjutnya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/03/16060017/6-gadget-apple-yang-tidak-lagi-diproduksi-ada-iphone-11

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke