Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Game Gran Turismo Diadaptasi Jadi Film, Ini Cerita dan Cuplikannya

KOMPAS.com - Sony Pictures untuk pertama kalinya memamerkan cuplikan film Gran Turismo dalam pameran teknologi dunia, Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Les Vegas, Amerika Serikat.

Sebagaimana namanya, film itu diadaptasi dari game balap terlaris Gran Turismo yang dikembangkan oleh Polyphony Digital untuk PlayStation.

Cerita dari film ini diangkat dari kisah nyata Jann Mardenborough, yaitu seorang remaja yang mahir memainkan game Gran Turismo dan beralih menjadi pembalap berkat program pelatihan GT Academy.

Berkat kemahirannya, Mardenborough menyabet sejumlah kompetisi game termasuk kompetisi Nissan, sehingga bisa mewujudkan mimpinya menjadi pembalap mobil profesional.

Meski mengusung tema balap sebagai tema utama, film ini juga akan diwarnai dengan sejumlah drama dan kisah asmara.

Adapun pemeran film Gran Turismo antara lain Archie Madekwe sebagai pemeran utama, David Harbour, Orlando Bloom, Djimon Hounsou, Darren Barnett, Daniel Puig, Josha Stradowski, Thomas Kretschman hingga Geri Halliwell-Horner.

Film ini disutradarai oleh Neil Blomkamp dan dijadwalkan tayang di bioskop 11 Agutus mendatang.

Dalam proses produksinya, film ini direkam menggunakan kamera Sony Venice 2 dan sistem ekstensi bernama Rialto yang bisa melepaskan sensor dari kamera. Dukungan ini memungkinkan kru film untuk menempatkan kamera di ruang yang sempit seperti di dalam mobil.

"Kami menggunakan Rialto di dalam mobil dan kokpit di ruang yang biasanya tidak pernah mendapat resolusi Imax. Jadi, mobil prototipe Lamar yang kami pakai untuk syuting memiliki kokpit yang sangat kecil dan kami harus bisa merekam dari kiri ke kanan untuk merekam balapan berikut aktornya," kata sutradara Neil Blomkamp.

"Jadi kami menempatkan sensor kecil di sana dengan lensa kecil berada di dekat aktor," imbuhnya.

Selain bisa mengakomodasi sudut yang kecil, kamera itu juga diklaim mampu menampilkan rekaman dari sudut pandang yang tidak biasa.

Gran Turismo sendiri merupakan satu dari 10 proyek film yang dikembangkan Sony Pictures bersama PlayStation Productions.

Tak hanya mengungkap teaser film Gran Turismo, Sony juga mengumumkan sejumlah hal baru di CES 2023. Beberapa di antaranya yaitu PlayStation VR2 yang akan rilis 22 Februari serta lebih dari 30 game yang siap dirilis segera termasuk Gran Turismo 7.

Hal menarik lainnya yang diumumkan Sony dalam gelaran CES 2023 yaitu pengembangan kontroler PS5 yang disebut Project Leonardo, dihimpun KompasTekno dari Hollywood Reporter, Jumat (6/1/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/06/18300037/game-gran-turismo-diadaptasi-jadi-film-ini-cerita-dan-cuplikannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke