Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, Menaruh PS5 Posisi Berdiri Bisa Bikin Konsol Rusak

Menaruh PS5 dalam posisi vertikal memang kerap dilakukan di ruangan terbatas. Saat meluncurkan PlayStation 5 pada November 2020, Sony pun memberikan pengguna pilihan untuk meletakkan konsolnya.

PS5 dilengkapi dengan dudukan yang dapat dipasang di pelat bawah agar konsol bisa diletakkan secara vertikal. Dudukan juga bisa dipasang di sisi konsol, sehingga pengguna dapat menaruh konsol secara horizontal.

Menurut laporan terbaru, meletakkan PS5 dalam posisi berdiri justru berpotensi menimbulkan kerusakan pada bagian sistem pendingin (cooler) di dalam konsol.

Laporan media teknologi GizChina, mengatakan PS5 memiliki sistem pendingin dengan cairan logam untuk menangkap panas lalu memindahkannya ke pendingin. Nah, dalam posisi berdiri, cairan logam dengan sifat termal itu bakal bergerak ke arah yang tidak semestinya.

Dalam kasus ini, carian logam itu bisa menimbulkan kerusakan pada segel antara prosesor (APU) dan cooler, seperti gambar di bawah. Perubahan posisi cairan logam ini juga disebut-sebut dapat merusak komponen lain, bahkan membuat konsol mati.

Selain itu, dalam beberapa kasus, umur konsol bisa lebih singkat hingga akhirnya mati, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Minggu (8/1/2023).

Perlu dicatat, Sony sendiri belum memberikan pernyataan soal analisis bahwa PS5 berpotensi rusak bila diletakkan dalam posisi vertikal.

Dua tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2020, perancang utama PS5 mengatakan bahwa tidak ada masalah terkait penggunaan PS5 dalam posisi berdiri.

Kalau kalian, tim pakai PS5 secara vertikal atau horizontal?

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/08/08040037/hati-hati-menaruh-ps5-posisi-berdiri-bisa-bikin-konsol-rusak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke