Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghapus dan Mengganti Tag Lokasi Foto di iPhone dengan Mudah

KOMPAS.com - Kamera iPhone dibekali dengan berbagai fitur, salah satunya adalah tag lokasi foto (tanda lokasi atau geotag pada foto). Fitur tag lokasi foto iPhone bisa dibilang cukup berguna untuk mengingat momen yang ditangkap.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melihat lokasi pada foto-foto yang diambil dari kamera iPhone. Untuk mengaktifkan fitur tag lokasi foto iPhone, pengguna perlu mengizinkan akses GPS (Global Positioning System) pada aplikasi kamera.

Pengaturan izin akses GPS itu biasanya bakal muncul saat pengguna membuka kamera untuk yang pertama kali. Selain itu, pengaturan izin akses GPS pada kamera juga bisa diperoleh melalui menu pengaturan “Privasi dan Keamanan”.

Bila diizinkan maka setiap foto yang diambil dari kamera bakal memiliki tag lokasi. Untuk melihat tag lokasi tersebut, pengguna bisa membuka galeri dan pilih foto yang diambil dari kamera. Lalu, klik ikon “i” dan informasi lokasi dari foto itu bakal muncul.

Kendati cukup berguna untuk mengingat momen, namun fitur tag lokasi foto iPhone bisa berpotensi mengganggu privasi pengguna. Dikutip dari Gadget Hacks, tag lokasi itu pada dasarnya juga tersimpan di metadata (kumpulan data) foto.

Metadata yang salah satunya berisi tag lokasi itu bakal terus menyertai foto saat dibagikan ke siapa pun dan mana pun. Dengan demikian, orang lain bisa melihat informasi lokasi pengguna saat foto dibagikan ke platform seperti Unsplash atau Google Photos.

Bila tergganggu dengan keberadaan fitur ini, lantas bagaimana cara menghapus tag lokasi foto iPhone? Menghapus tag lokasi foto di iPhone bisa dilakukan di galeri. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menghapus tag lokasi foto iPhone.

Itulah penjelasan mengenai cara menghapus tag lokasi foto iPhone. Selain dihapus, tag lokasi foto iPhone juga bisa diganti atau dimanipulasi. Cara mengganti tag lokasi foto iPhone bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cukup mudah bukan cara mengganti tag lokasi foto iPhone buat meningkatkan privasi? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.1.2. Beda iOS mungkin bakal beda pula caranya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/09/17040047/cara-menghapus-dan-mengganti-tag-lokasi-foto-di-iphone-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke