Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Satelit 2,5 Ton NASA Akan Jatuh ke Bumi | TikTok, IG, dkk Digugat Sekolah | Mitos iPhone yang Terpecahkan

Selain itu, ada pula kabar soal beberapa media sosial seperti Instagram, TikTok, dll yang digugat sekolah di Seattle, AS. Media sosial populer itu dinilai mengganggu kesehatan mental siswa mereka.

Ada pula salah satu mitos iPhone yang akhirnya terpecahkan. Apakah itu? Simak penjelasannya di rangkuman berita teknologi terpopuler KompasTekno sepanjang Senin (9/1/2023).

Satelit 2,5 ton NASA jatuh ke Bumi

Badan antariksa AS, NASA mengumumkan melalui situs resminya bahwa satelit antik buatan tahun 1980-an milik mereka akan jatuh ke Bumi.

Setelah empat dekade mengorbit, satelit seberat hampir 2,5 ton itu diprediksi jatuh dan masuk ke atmosfer Bumi. Lembaga Aerospace Corporation memprediksi satelit NASA Earth Radiation Budget (ERBS) akan jatuh pada Senin 8 Januari pukul 10 malam waktu AS, atau Selasa 9 Januari pukul 10 pagi WIB

Lantas, apa risiko jatuhnya satelit NASA? Jawabannya ada di artikel "Satelit 2,5 Ton NASA Jatuh ke Bumi dalam Beberapa Jam Lagi".

Sebuah sekolah gugat TikTok, Instagram, dkk

Sebuah sekolah di Seattle (Seattle Public Schools/SPS), Amerika Serikat, menggugat sejumlah media sosial termasuk TikTok, YouTube, Facebook, Snap dan Instagram.

Dalam gugatan yang dilayangkan ke Pengadilan Distrik AS di Seattle itu, dikatakan bahwa media sosial sudah mengeksploitasi otak anak muda yang rentan, demi keuntungan perusahaan.

Facebook cs juga disebut menggunakan taktik psikologis sehingga berdampak pada krisis kesehatan mental di sekolah. Mereka juga mengaku mengalami kerugian secara finansial maupun operasional akibat kecanduan media sosial yang dialami siswa.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Sekolah di AS Gugat TikTok, Instagram, dkk karena Ganggu Kesehatan Mental Siswa".

Fitur viral Snapchat bakal ditutup

Snap, induk dari aplikasi Snapchat, kabarnya akan menutup aplikasi Snap Camera. Seperti namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi kamera yang dilengkapi dengan aneka filter unik.

Snap Camera bahkan pernah viral saat awal-awal pandemi, termasuk di Indonesia, karena dipakai untuk memoles tampilan menjadi unik, saat konferensi melalui aplikasi panggilan video Zoom.

Sayangnya, aplikasi ini kini dihapus oleh perusahaan. Keputusan ini diumumkan Snap melalui halaman dukungan Snap Camera.

Menurut laman itu, aplikasi Snap Camera akan ditutup pada 25 Januari 2023. Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Pernah Viral di Indonesia, Filter Snap Camera Segera Dihapus".

Geser video TikTok ke bagian tertentu bakal lebih mudah

TikTok merilis fitur baru yang bakal memudahkan penggunanya menggeser atau loncat ke bagian tertentu dari sebuah video. Selama ini, ketika ingin mempercepat atau loncat ke bagian video tertentu, pengguna hanya akan melihat timestamp (penunjuk waktu) saja.

Sehingga, mereka harus mengira-ngira bagian mana yang ingin mereka lihat. Nah, di fitur baru ini, TikTok menambahkan thumbnail (keluku) atau gambar mini berupa cuplikan bagian video.

Fitur ini sama persis seperti yang dimiliki YouTube, di mana pengguna bisa melihat thumbnail saat mempercepat atau loncat ke bagian video tertentu. Penjelasan lengkap soal fitur ini bisa disimak di artikel "Geser Video TikTok ke Bagian Tertentu Kini Lebih Mudah".

Always on Display iPhone 14 Tidak Bikin Boros Baterai

Salah satu mitos soal fitur iPhone, yakni Always on Display akhirnya terpecahkan. Selama ini, fitur itu disebut-sebut bikin baterai iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max boros.

Salah satu YouTuber pun melakukan pengujian untuk membuktikannya. Hasilnya, fitur Always on Display di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max disebut tidak membuat baterai boros seperti yang beredar saat ini.

Untuk melihat pengujiannya, bisa menyimak artikel "Terbukti, Fitur Always on Display iPhone 14 Tidak Bikin Boros Baterai".

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/10/07000097/-populer-tekno-satelit-2-5-ton-nasa-akan-jatuh-ke-bumi-tiktok-ig-dkk-digugat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke