Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selamat Ulang Tahun Ke-16, iPhone

Tahun 2023 ini menandai 16 tahun keberadaan perangkat revolusioner yang mengubah industri smartphone dunia tersebut di tengah-tengah kita.

Disebut revolusioner karena iPhone pada saat itu tidak hanya bisa digunakan untuk sekadar menelepon dan mengirim pesan, tetapi juga berinternet seperti mengirimkan e-mail.

iPhone juga mengubah Apple secara bisnis. Pada tahun 2006, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, AS itu masih bergantung kepada alat pemutar musik iPod dan komputer Mac untuk mendapatkan laba.

Kini, iPhone menjadi produk kunci Apple yang mendatangkan keuntungan paling banyak di antar perangkat lain bikinan Apple.

Menurut laporan keuangan Apple untuk kuartal empat (Oktober-November) 2022, iPhone membuat Apple membukukan laba sebesar 42 miliar dollar AS atau setara Rp 654,4 triliun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (10/1/2023).

Besaran keuntungan tersebut lebih besar dibandingkan gabungan laba dari produk Mac, iPad, dan perangkat wearable.

Pada usia yang ke-16 ini, iPhone telah bertransformasi sedemikian rupa. Lewat iPhone 14 series terbaru, Apple menghadirkan desain yang lebih segar dan deretan fitur mumpuni.

Untuk desain, Apple menyematkan poni (notch) interaktif dan dinamis yang baru di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Apple juga menghadirkan fitur menarik di iPhone 14 series seperti "Crash Detection" atau deteksi tabrakan.

Apple mengeklaim fitur Crash Detection ini bisa membantu menyelamatkan nyawa penggunanya saat terjadi kecelakaan atau situasi darurat lain.

Dengan fitur Crash Detection, iPhone 14 akan mendeteksi dampaknya, lalu menghubungi saluran darurat dan mengirimkan lokasi pengguna secara otomatis ketika pengguna mengalami kecelakaan mobil yang parah.

Adapula fitur konektivitas satelit yang memungkingkan pengguna untuk mengirimkan panggilan darurat alias pesan SOS ketika tersesat misalnya atau dalam kondisi berbahaya, namun tidak terhubung dengan jaringan internet atau seluler.

Sejarah perjalanan iPhone dari awal kelahirannya hingga kini dapat disimak selengkapnya lewat artikel berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/10/10040057/selamat-ulang-tahun-ke-16-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke