Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengganti Background Foto untuk Registrasi Akun SNPMB 2023

KOMPAS.com - Program seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau SNPMB 2023, resmi berjalan. Dalam SNPMB 2023, terdapat dua jenis seleksi, yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Supaya bisa mengikuti SNBP atau SNBT, siswa tingkat akhir SMA/SMK wajib melakukan registrasi akun SNPMB 2023 terlebih dahulu. Registrasi akun untuk SNBP dimulai dari 9 Januari hingga 15 Februari 2023.

Sedangkan SNBT, pelaksanaan registrasi akunnya baru dilakukan pada 16 Februari hingga 03 Maret 2023. Siswa bisa melakukan registrasi akun SNPMB 2023 buat ikut SNBP atau SNBT melalui situs “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”.

Untuk diketahui, dalam proses registrasi akun SNPMB 2023, siswa nantinya diminta untuk melakukan verifikasi dan validasi data. Pada proses itu, siswa wajib mengisi data diri dengan benar.

Kemudian, siswa juga wajib mengunggah pasfoto formal yang sesuai dengan ketentuan. Adapun rincian ketentuan pasfoto SNPMB 2023 adalah sebagai berikut:

  • Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm
  • Pasfoto memiliki resolusi minimal 200px x 300px dan rasio 2:3
  • File pasfoto minimal berukuran 80 Kb hingga maksimal 300 Kb
  • File pasfoto harus berformat JPG/JPEG/PNG
  • Background (latar) pasfoto polos dengan warna apa saja, lazimnya biru atau merah
  • Posisi kepala dan badan tegak sejajar dengan wajah tampak jelas
  • Orientasi pasfoto adalah vertikal
  • Kualitas foto harus tajam dan fokus

Dalam hal pasfoto SNPMB 2023 dengan background warna polos, bila belum memilikinya maka siswa dapat melakukan pengeditan sendiri. Lantas, bagaimana cara mengganti background foto agar bisa berwarna polos sesuai ketentuan registrasi akun SNPMB 2023?

Mengganti background foto jadi warna polos pada dasarnya bisa dilakukan di ponsel secara mudah dan gratis dengan memanfaatkan dua aplikasi, yaitu Background Eraser dan Canva. Background Eraser digunakan buat menghapus latar foto.

Sedangkan Canva, fungsinya untuk menggabungkan foto pada background baru dengan warna polos. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengganti background foto menjadi berwarna polos dengan mudah buat registrasi akun SNPMB 2023.

Cukup mudah bukan mengganti background foto? Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara mengganti background foto jadi warna polos untuk keperluan registrasi akun SNPMB 2023, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/11/11300027/cara-mengganti-background-foto-untuk-registrasi-akun-snpmb-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke