Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Earphone agar Tidak Sakit di Telinga

KOMPAS.com - Tidak hanya digunakan untuk telepon, alat dengar ini juga digunakan untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan ketika terbang.

Hingga saat ini, earphone dirancang dengan berbagai bentuk, ukuran, hingga variasi yang berbeda-beda. Jenis earphone yang banyak ditawarkan di pasaran adalah earphone berkabel dan earphone bluetooth.

Meskipun penggunaan earphone terbilang sangat mudah, akan tetapi beberapa orang menemui kendala ketika menggunakan earphone. Seperti earphone tiba-tiba terjatuh, bagian telinga sakit, kabel tertarik dengan benda-benda di sekitar, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari telinga sakit karena salah memposisikan earphone, berikut KompasTekno telah merangkum cara menggunakan earphone agar tidak sakit.

Cara menggunakan earphone berkabel

Earphone berkabel merupakan salah satu jenis alat dengar yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna teknologi. Alat ini dirancang dengan kabel yang bisa dibiarkan menjuntai dan menggantung di bagian depan atau belakang ketika digunakan.

Jika Anda menggunakan earphone ini, Anda tidak perlu takut kehilangan salah satunya sisinya. Kabel yang terhubung pada sisi kanan dan kiri memungkinkan earphone akan tetap menggantung pada perangkat yang terhubung meskipun terlepas dari kedua telinga Anda. Berikut cara menggunakan earphone berkabel agar tidak sakit.

Cara menggunakan earphone bluetooth

Earphone bluetooth merupakan earphone yang dirancang dengan kepraktisan yang luar biasa. Pasalnya, pengguna tidak perlu menancapkan kabel earphone pada perangkat yang akan digunakan.

Untuk menggunakan earphone bluetooth ini, pengguna hanya perlu menghubungkan earphone ke perangkat melalui bluetooth. Model earphone ini sudah banyak diproduksi di pasaran dengan berbagai variasi dan ukuran.

Bahkan beberapa diantaranya dirancang dengan bantalan yang bisa melindungi telinga Anda dan membuat earphone bisa duduk tenang di telinga.

Cara menggunakan earphone bluetooth tidak jauh berbeda dengan ketika Anda menggunakan earphone berkabel. Anda hanya perlu memastikan bahwa earphone telah terpasang dengan nyaman dan berada di celah lipatan telinga agar tidak jatuh. Berikut cara menggunakan earphone Bluetooth agar tidak sakit.

Selain tips menggunakannya agar tetap nyaman sebaiknya Anda juga tetap merawat perangkat earphone dengan baik.

Selengkapnya 5 cara merawat earphone yang benar agar tidak mudah rusak.  Itulah cara menggunakan earphone berkabel dan bluetooth agar tidak sakit. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/12/11150097/cara-menggunakan-earphone-agar-tidak-sakit-di-telinga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke