Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wujud Asli dan Varian Warna Galaxy S23 Bocor Sebelum Peluncuran

Panggung acara tersebut diyakini kuat dipersiapkan untuk memperkenalkan lini ponsel flagship terbaru Samsung Galaxy S23 series.

Menjelang acara peluncuran, gambar tampang berikut varian warna Galaxy S23 bocor dan tersebar di ruang maya.

Pembocor kawakan asal Jerman, Roland Quandt mengunggah serangkaian gambar Galaxy S23 lewat situs miliknya, WinFuture.

Gambar yang mengungkap detail sisi-sisi bodi dan varian warna Galaxy S23 itu diklaim merupakan gambar resmi untuk kebutuhan marketing vendor ponsel asal Korea Selatan itu, bukan gambar prediksi desain semata.

Salah satu gambar memperlihatkan empat varian warna Galaxy S23, yaitu Phantom Black (hitam), Botanic Green (hijau), Mystic Lilac (merah muda/ungu), dan Cotton Flower (putih).

Untuk sisi layarnya, gambar memperlihatkan bahwa Galaxy S23 masih dibekali desain layar infinity-O dengan sebuah punch hole untuk kamera selfie di sisi tengah layar.

Sisi kanan bodi ponsel juga masih dilengkapi tombol daya (power) dan tombol pengaturan volume up dan down yang sama seperti Galaxy S22.

Perombakan desain baru kentara di bagian punggung ponsel. Gambar yang diunggah Roland Quandt mengindikasikan bahwa Galaxy S23 tak lagi memiliki modul kamera belakang yang menempel hingga ke sisi kiri bodi. Modul kamera belakang itu sebelumnya menjadi ciri khas pada Galaxy S21 dan Galaxy S22.

Tak adanya modul kamera, membuat tiga kamera belakang Galaxy S23 Plus langsung dibenamkan di punggung ponsel, sama seperti kamera belakang pada Galaxy S23 Ultra, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs WinFuture, Minggu (15/1/2023).

Dalam laporan terpisah sebelumnya, tampang Galaxy S23 Ultra juga sudah berseliweran di internet gara-gara materi iklan Samsung yang disebut bocor.

Dalam materi iklan itu, bodi Galaxy S23 Ultra terlihat masih membawa "DNA" dari lini ponsel Galaxy Note dengan keempat sudut bodi yang menyiku, sebuah punch hole di bagian tengah atas layar, serta kamera belakang yang langsung menempel di bagian punggung.

Sejauh ini, Samsung diyakini bakal meluncurkan Galaxy S23 series yang kemungkinan terdiri dari tiga model, yakni Galaxy S23 “reguler”, S23 Plus, dan S23 Ultra.

Menurut rumor yang beredar, ketiga model Galaxy S23 series kompak mengandalkan chipset teranyar besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 2.

Namun, chipset dari model Galaxy S23 Ultra diprediksi bakal dirancang secara “istimewa”. Sebab, chipset tersebut konon di-overclock sehingga menawarkan clock speed hingga 3,36 Ghz.

Chip tersebut diyakini akan dipadu dengan kombinasi RAM dan storage RAM 8 GB/12 GB dan media penyimpanan seluas 256 GB/512 GB/1 TB.

Di sektor fotografi, Galaxy S23 Ultra yang diposisikan sebagai model paling tinggi konon akan dibekali kamera utama 200 MP. Resolusinya meningkat dibanding Galaxy S22 Ultra yang membawa resolusi kamera 108 MP.

Sedangkan, Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus disinyalir akan dibekali kamera yang beresolusi 108 MP, dua kamera beresolusi 12 MP, dan kamera 2 MP.

Kemungkinan besar sensor kamera beresolusi 108 MP itu juga menggunakan sensor kamera ISOCELL HM3 yang juga dipakai oleh Galaxy S22 Ultra sebelumnya. Untuk kamera selfie-nya disinyalir beresolusi 12 MP.

Untuk segi daya tahannya, ketiga model nantinya akan dibekali kapasitas baterai yang berbeda-beda. Galaxy S23 “reguler”, misalnya, akan dibekali baterai berkapasitas 3.900 mAH, Galaxy S23 Plus 4.700,AH, sedangkan Galaxy S23 Ultra 5.000 mAH.

Perlu dicatat, gambar tampang dan spesifikasi Galaxy S23 series di atas masih berupa bocoran semata dan belum bisa dipastikan keakuratannya.

Sebab, tampang, spesifikasi, sekaligus harga dan ketersediaan Samsung Galaxy S23 series masih harus menunggu hingga peluncuran resmi awal Februari mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/15/19300017/wujud-asli-dan-varian-warna-galaxy-s23-bocor-sebelum-peluncuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke