Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek BI Checking atau SLIK OJK Online via iDebku dengan Mudah

KOMPAS.com - Sejak 2018, BI Checking telah beralih ke SLIK OJK. BI Checking sendiri merupakan layanan dari Bank Indonesia (BI) yang menyediakan informasi riwayat kredit (pinjaman) debitur.

Di BI Checking, informasi tersebut tercatat dalam SID (Sistem Informasi Debitur). Dengan adanya peralihan kewenangan pengawasan perbankan di Indonesia, BI Checking digantikan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baik BI Checking maupun SLIK OJK, keduanya punya fungsi yang sama. SLIK OJK juga merupakan layanan yang menyediakan informasi riwayat kredit debitur. Bedanya dengan BI Checking, informasi itu tidak tercatat pada SID, tetapi di IDEB (Informasi Debitur).

Informasi riwayat kredit yang tertera di SLIK OJK (dulunya BI Checking) diperlukan saat debitur hendak mengajukan pinjaman seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) ke pihak bank atau lembaga keuangan lain.

Sebagai bahan pertimbangan untuk menyetujui permohonan pinjaman itu, lembaga keuangan atau bank biasanya bakal melihat informasi riwayat kredit dari seorang debitur yang terdapat di SLIK OJK atau BI Checking.

Riwayat kredit yang baik atau lancar berpotensi memudahkan debitur untuk mendapatkan persetujuan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain. Oleh karena itu, bila hendak mengajukan pinjaman, debitur perlu senantiasa buat cek BI Checking atau SLIK OJK.

Lantas, bagaimana cara cek BI Checking? Cek BI Checking atau SLIK OJK kini bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui website iDebku. Jika ingin cek BI Checking online atau SLIK OJK via iDebku, berikut adalah penjelasan caranya.

Cukup mudah bukan buat cek BI Checking? Itulah penjelasan lengkap seputar cara cek BI Checking online atau SLIK OJK via iDebku untuk mendapatkan informasi riwayat kredit. Jika terjadi kendala, silakan hubungi Call Center OJK di nomor WhatsApp “081157157157”.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/16/11300037/cara-cek-bi-checking-atau-slik-ojk-online-via-idebku-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke