Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iTunes Bersiap Pamit dari Windows, Ini Aplikasi Penggantinya

Ketersediaannya sebenarnya belum diumumkan resmi oleh Apple, karena aplikasinya juga baru terlihat di Microsoft Store sebagai aplikasi preview atau beta untuk Windows 11.

Aplikasi Apple Music dan Apple TV yang ada di Microsoft Store cukup mirip dengan di macOS. Hanya saja, Apple memberikan sedikit modifikasi, khususnya dalam hal fungsionalitas aplikasi.

Apple TV berfungsi seperti aplikasi Smart TV yang memungkinkan pengguna mengakses Apple TV Plus dan Apple TV Channel, film dan acara TV dari iTunes Store. Sementara Apple Music di Windows menawarkan pengalaman yang hampir sama, hanya saja Apple Music di Windows tidak didukung fitur lirik.

Selain Apple Music dan Apple TV, ada pula aplikasi beta yang disebut Apple Devices di Microsoft Store. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengatur berbagai perangkat Apple dari komputer atau laptop berbasis Windows.

Aplikasi ini juga berperan menggantikan iTunes, sehingga bisa dipakai pengguna untuk sinkronisasi, back up atau memulihkan firmware tanpa perlu aplikasi iTunes sebelumnya.

Ketiga aplikasi di atas akan berjalan di OS Windows 11 versi 22621.0 atau lebih baru. Menurut Microsoft, memasang ketiga aplikasi tadi akan mencegah berjalannya aplikasi iTunes versi Windows. Jadi, pengguna disarankan untuk menghapus aplikasi iTunes lawas karena sudah digantikan dengan aplikasi Apple Devices yang lebih baru.

Mengingat aplikasinya masih tersedia dalam versi beta, ketersediaan ketiga aplikasi itu juga masih terbatas bagi pengguna di Amerika Serikat saja, dihimpun KompasTekno dari blog resmi Microsoft Windows, Selasas (17/1/2023).

Aplikasi iTunes sendiri memang dihapus oleh Apple. Penghapusan iTunes versi Windows menandai riwayat terakhir aplikasi karena Windows menjadi platform terakhir yang masih mendukung aplikasi tersebut.

Kendati dihapus, Apple masih menyediakan pustaka musik bagi pengguna Windows melalui akses ke Apple Music.

Dihapus sejak 2019

iTunes dikenal sebagai aplikasi pemutar musik yang rilis pada 2001. Sejak 2019, aplikasi ini ditutup untuk macOS, kemudian fungsinya dialihkan ke empat aplikasi berbeda dan mulai tersedia di macOS Catalina.

Meski di macOS dihapus, aplikasi iTunes di Windows masih dipertahankan dan mendapat sejumlah kecil pembaruan dari Apple.

Nah, seiring dengan pengembangan Windows 11, akhirnya pembaruan dari iTunes juga dihadirkan, yaitu dengan menggantinya dengan aplikasi lain dengan fungsi yang sama, meliputi Apple Music, Apple TV hingga Apple Devices.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/17/09450057/itunes-bersiap-pamit-dari-windows-ini-aplikasi-penggantinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke