Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Jenis Pelindung Layar HP serta Kelebihan dan Kekurangannya

KOMPAS.com - Ketika pengguna memutuskan untuk membeli peralatan elektronik, itu berarti Anda juga telah berpikir tentang cara perawatan benda tersebut. Seperti halnya membeli perangkat elektronik, baik smartphone atau tablet.

Salah satu komponen yang perlu dirawat adalah layar dengan memasang pelindung layar. Pelindung layar mampu melindungi layar dari goresan, debu, hingga keretakan layar.
Terdapat berbagai macam jenis pelindung layar yang tersedia di pasaran.

Jenis pelindung layar bergantung pada kualitas optic, sidik jari dan noda, fleksibilitas dan kekerasan, hingga pengaplikasian pada HP. Untuk mengetahui jenis-jenis pelindung layar HP, berikut KompasTekno telah merangkumnya untuk Anda. 

Tempered glass adalah salah satu pelindung layar yang populer dan banyak tersedia di pasaran. Anda dapat dengan mudah mendapatkan aksesoris ini untuk melindungi layar HP. 

Kelebihan

Tempered glass banyak digunakan oleh pengguna teknologi, karena memiliki permukaan yang jernih dan transmisi yang sangat baik. Selain itu, tempered glass juga memiliki dimensi yang lebih tebal dibandingkan dengan pelindung layar plastik.

Kekurangan

Tempered glass mudah sekali ditempeli oleh noda dan debu. Sidik jari Anda bisa tertinggal di atas permukaan apabila jari Anda dipenuhi dengan minyak.

Selain itu, layar HP dengan pelindung tempered juga sedikit menyilaukan pandangan mata. Bahkan dalam beberapa kasus mudah pecah dan tergores oleh gantungan kunci ketika Anda meletakkannya di saku celana yang sesak.

Sejauh ini, pengaplikasian tempered glass ke HP terbilang cukup mudah. Beberapa orang bahkan bisa melakukannya secara mandiri.

Matte glass adalah jenis pelindung layar dengan permukaan glossy dan gelap di atasnya. Permukaannya yang sedikit gelap, dapat membatasi pandangan orang dari kedua sisi.

Kelebihan

Pelindung jenis matte dapat mengurangi jumlah pantulan dan silau jika diaplikasikan di layar HP. Aksesoris ini juga tidak mudah menimbulkan jejak sidik jari pada permukaan.

Kekurangan

Karena permukaannya yang sedikit gelap, sehingga membuat pelindung layar ini memiliki tampilan buram dan menghilangkan kejernihan layar.

Pelindung layar privacy, cocok untuk Anda yang layar ponselnya tidak ingin terlihat oleh teman di sebelah ketika mengoperasikannya.

Kelebihan

Pelindung layar ini memiliki kejernihan yang baik dan bisa menggelapkan layar, sehingga tidak akan memantulkan cahaya, membuat silau, dan bisa membatasi sudut pandang. Selain itu, jenis pelindung ini juga memiliki ketahanan gores yang baik.

Kekurangan

Akan tetapi, privacy glass memiliki permukaan yang mudah sekali meninggalkan jejak sidik jari dan noda ketika selesai menggunakannya.

Tidak jauh berbeda dengan tempered dan matte glass, pemasangannya membutuhkan cairan khusus untuk membersihkan layar. Kemudian Anda bisa langsung menempatkannya di atas layar.

Pelindung layar PET adalah pelindung yang terbuat dari plastik yang digunakan untuk membuat botol daur ulang.

Kelebihan

Pelindung layar PET memiliki permukaan yang cukup keras, sehingga tahan terhadap goresan dan tidak mudah pecah.

Kekurangan

Kekurangan pelindung layar PET adalah tidak memberikan banyak perlindungan. Permukaannya bisa menarik noda dan sidik jari yang tertempel di atasnya.

Pelindung layar Hydrogel memiliki tekstur seperti karet, sehingga sangat fleksibel dan tidak akan pecah bahkan anti gores.

Kelebihan

Kelebihan pelindung layar Hydrogel ini adalah tidak meninggalkan sidik jari pada bagian permukaan, meskipun noda-noda halus masih bisa menempel. Hydrogel juga memiliki kejernihan dan transmisi yang baik untuk menampilkan layar Anda.

Kekurangan

Akan tetapi beberapa orang kesulitan menghilangkan gelembung dari atas layar ketika mengaplikasikannya, sehingga butuh kesabaran ekstra.

Pelindung layar ceramic merupakan persilangan antara kaca dan plastik. Jenis pelindung layar ini dijuluki sebagai anti sidik jari.

Kelebihan

Permukaannya memiliki kejernihan dan transmisi yang baik, meskipun ketika berada di luar ruangan, ceramic akan memantulkan sinar dan menyilaukan.

Kekurangan

Meskipun tahan terhadap goresan, akan tetapi ceramic bisa pecah jika terlalu banyak ditekan.
Pengaplikasiannya cukup mudah dan tidak jauh berbeda ketika memasang pelindung layar lainnya.

Anda bisa menggunakan alat pembersih dari karet untuk menghilangkan gelembung dari atas layar. Untuk perawatan smartphone lebih baik Anda dapat menyimak cara merawatnya di artikel berikut ini. Semoga membantu. 

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/18/11000047/6-jenis-pelindung-layar-hp-serta-kelebihan-dan-kekurangannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke