Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warganet Indonesia Paling Betah Main Mobile Legends dan Domino

Hal itu terungkap dari laporan "State of Mobile 2023" yang dipublikasi oleh firma riset pasar aplikasi data.ai (dulu App Annie).

Waktu yang dihabiskan main Mobile Legends secara keseluruhan adalah 703 juta jam sepanjang tahun 2022. Jumlah tersebut adalah total jam semua gamers di Indonesia jika dihitung secara kumulatif.

Hal ini tak ayal membuat Ini membuat Mobile Legends menjadi game nomor satu yang paling sering dimainkan di Tanah Air.

Data.ai juga merinci empat judul game mobile lain yang paling sering dimainkan oleh gamers di Indonesia. Salah datunya adalah game domino online Higgs Domino Island.

Aplikasi game ini menyediakan berbagai permainan, seperti dadu, kartu, catur, domino, congklak, puzzle, hingga slot.

Game Higgs Domino yang marak dimainkan itu dinilai Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bengkulu mengandung unsur perjudian.

Hal ini dikarenakan terdapat unsur taruhan uang dengan keuntungan besar yang didapat dalam game tersebut.

MUI Provinsi menyebut, banyak efek negatif yang yang terdapat pada permainan tersebut, salah satunya merusak pola pikir anak untuk bermalas-malasan, serta dapat menimbulkan tindak kejahatan.

Selengkapnya, berikut lima judul game mobile yang paling sering dimainkan di Indonesia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laporan "State of Mobile 2023" data.ai, Kamis (19/1/2023):

Permainan catur online ini sempat viral pada 2021 gara-gara fenomena pecatur asal Indonesia Dadang Suber dengan akun ID "Dewa_Kipas" diblokir lantaran diduga bermain curang dengan GothamChess.

Namun, di tahun 2022, Chess.com tak lagi banyak dimainkan oleh gamers Indonesia. Judul game populer seperti Genshin Impact lebih sedikit dimainkan pada 2022 dibanding 2021.

Sementara game battleroyale populer Free Fire (FF) tercatat menjadi game yang paling banyak ditinggalkan pengguna. Indikasinya, pada 2022, total waktu bermain Free Fire di Indonesia turun hingga 553,8 juta jam dibanding 2021.

Berikut daftar lima game mobile yang lebih sedikit dimainkan gamer di Tanah Air pada 2022 dibandingkan 2021:

Sebelumnya diwartakan, warganet Indonesia dinobatkan sebagai pengguna internet yang paling lama menghabiskan waktu untuk main HP pada 2022, yakni rata-rata selama 5,7 jam setiap harinya.

Waktu rata-rata penggunaan HP di Indonesia lebih tinggi dibandingkan 17 negara lainnya seperti Brazil (5,3 jam), Saudi Arabia (5,3 jam), Singapura (5,3 jam), Korea Selatan (5 jam), Meksiko (4,9 jam).

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/19/08300027/warganet-indonesia-paling-betah-main-mobile-legends-dan-domino-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke