Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google di Laptop dengan Mudah

KOMPAS.com - Semua riwayat pencarian atau penelusuran yang dilakukan oleh pengguna di layanan Google Search pada laptop akan tersimpan dalam akun Google. Riwayat pencarian Google itu berbeda dengan riwayat penjelajahan (browsing) yang terdapat di browser.

Riwayat pencarian Google hanya berisi jejak aktivitas pencarian pengguna yang dilakukan di Google Search. Sedangkan riwayat browsing, isinya adalah semua jejak aktivitas penelusuran pengguna pada browser.

Dengan demikian, saat pengguna melakukan pencarian di Google Search atau “google.com” pada laptop, semua riwayatnya akan tersimpan dalam dua wadah sekaligus, yaitu akun Google dan aplikasi browser.

Menghapus riwayat browsing di browser laptop tidak serta merta membersihkan riwayat pencarian Google yang tersimpan di akun Google. Untuk menghapus riwayat pencarian Google, caranya bukan dengan menghapus riwayat browsing di browser laptop.

Terdapat cara lain untuk menghapus riwayat pencarian Google. Lantas, bagaimana cara menghapus riwayat pencarian Google di laptop? Bila hendak menghapus riwayat pencarian Google di laptop, berikut adalah penjelasan caranya.

Itulah penjelasan mengenai cara menghapus riwayat pencarian Google di laptop. Sebagai informasi tambahan, selain di laptop, menghapus riwayat pencarian Google pada dasarnya juga bisa dilakukan di handphone (HP).

Untuk menghapus riwayat pencarian Google di HP, syaratnya sama dengan di laptop. Pengguna juga harus memastikan telah login akun Google pada aplikasi browser yang terdapat di HP.

Bila belum login akun Google, baik di browser HP maupun laptop, pengguna tidak akan menemukan halaman informasi riwayat pencarian yang berada dalam menu “Setelan” pada layanan Google Search atau “google.com”.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/19/14150057/cara-menghapus-riwayat-pencarian-google-di-laptop-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke