Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendiri Netflix Red Hastings Mundur dari Jabatan CEO

Hastings mengumumkan keputusan itu dalam pemaparan laporan keuangan perusahaan. Peran co-CEO selanjutnya masih akan dijalankan oleh Ted Sarandos yang sudah menjabat sebagai posisi tersebut sejak 2020.

Namun dengan mundurnya Hastings, Sarandos akan didampingi co-CEO lainnya, Greg Peters. Sarandos sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Konten Netflix, sementara jabatan Peters sebelumnya adalah Chief Operating Officer Netflix.

"Keduanya (Sarandos dan Peters) berhasil dengan baik memastikan Netflix terus tumbuh dan berkembang di jalur yang tepat untuk mempercepat dan memulihkan pendapatan kami dan pertumbuhan perusahaan. Jadi, dewan dan saya percaya ini adalah waktu yang tepat untuk merampungkan suksesi saya," kata Hastings, dikutip KompasTekno dari blog resmi Netflix, Jumat (20/1/2023).

Kemudian Bela Bajaria akan menjabat sebagai Chief Content Officer didampingi oleh Scott Stuber sebagai Kepala Film Netflix.

Seperti mantan CEO dan pendiri Microsoft Bill Gates serta pendiri Amazon Jeff Bezos, Hastings selanjutnya akan menjadi Ketua Eksekutif Dewan Netflix setelah menyerahkan jabatan co-CEO, sehingga masih memiliki peran di perusahaan. Selain itu, ia juga menyatakan akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk kegiatan filantropi seperti pendiri perusahaan teknologi lainnya.

"Saya akan membantu Greg dan Ted, dan seperti Ketua lainnya, menjadi jembatan dari dewan redaksi ke CEO kami. Saya juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk filantropi dan fokus pada saham Netflix," ujar Hastings.

Jaring 7,7 juta pelanggan baru

Dalam laporan keuangan perusahaan untuk kuartal IV-2022, Hastings mengumumkan jumlah pelanggan berbayar Netflix di seluruh dunia kini mencapai 223 juta pelanggan.

Lebih rinci, Netflix mendapat tambahan 7,7 juta pelanggan pada kuartal IV-2022. Angka ini melampaui ekspektasi karena proyeksi pada kuartal sebelumnya hanya sebesar 4,5 juta pelanggan.

Pencapaian ini semakin menegaskan Netflix sebagai pemain besar layanan video on demand (VOD).

Adapun pendapatan Netflix pada kuartal tersebut sebesar 7,85 miliar dollar AS (Rp 118 triliun), naik 1,9 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Untuk kuartal I-2023, Netflix memproyeksikan pertumbuhan pendapatan sebesar 4 persen. Proyeksi ini diklaim bakal didorong oleh penambahan pelanggan berbayar serta pulihnya penurunan jumlah langganan pada kuartal pertama tahun lalu, dihimpun KompasTekno dari CNN.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/20/12300037/pendiri-netflix-red-hastings-mundur-dari-jabatan-ceo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke