Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Cerahnya Layar Xiaomi 13 Sampai Diklaim Pecahkan Rekor

KOMPAS.com - Xiaomi 13 diklaim memecahkan rekor sebagai ponsel dengan kecerahan layar yang tertinggi dibanding ponsel Android lainnya.

Dalam postingan di media sosial China - Weibo, pendiri Xiaomi Lei Jun sesumbar bahwa layar Xiaomi 13 memiliki kecerahan layar tertinggi di antara ponsel Android.

Ia juga mengeklaim tampilan layar flagship Xiaomi itu begitu mulus, sehingga pengguna tidak akan menemukan celah apapun.

"Kecerahan layar tertinggi di antara flagship Android saat ini, efek layarnya begitu bagus," tulis Lei Jun melalui akun pribadinya di Weibo.

Secara teknis, kecerahan puncak layar Xiaomi 13 mencapai 1.900 nits. Sementara itu, kecerahan layar ponsel umumnya sampai 1.200 nits. Dengan kata lain, Xiaomi 13 menawarkan kecerahan yang tinggi ketimbang ponsel pada umumnya.

Pencapaian itu didapat Xiaomi 13 berkat dukungan komponen layar E6 yang disediakan oleh Samsung. Komponen ini menjadi kunci yang menentukan kecerahan layar OLED, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Senin (23/1/2023).

E6 juga menjadi komponen layar teranyar Samsung, penerus dari E5 dan E4. Sebagai suksesor, kecerahan layar dengan komponen E6 bisa mencapai 1900 nits, lebih tinggi 900 nits dibanding E5 dan 1.100 nits dibanding E4.

Selain menawarkan kecerahan layar yang tinggi, layar Xiaomi juga tampil dengan bezel yang ramping. Dukungan ini turut membuat tampilan ponsel kian premium.

Fitur lainnya yang turut menyertai layar Xiaomi 13 yaitu resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, Dolby Vision hingga HDR10+.

Xiaomi 13 sendiri memulai debutnya pada pertengahan Desember 2022. Ponsel ini hadir dalam dua model, meliputi Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro.

Kedua model Xiaomi 13 ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, kedua ponsel ini juga sama-sama mengadopsi kamera dengan lensa buatan perusahaan kamera kenamaan asal Jerman, Leica, untuk meningkatkan pengalaman fotografi.

Xiaomi 13 dibekali tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, OIS), kamera telephoto 10 MP (f/2.0, 3,2x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 120 derajat).

Sementara itu kamera belakang Xiaomi 13 Pro terdiri dari kamera utama 50,3 MP (f/1.9, OIS), kamera telephoto 50 MP (f/2.0, 3,2 x optical zoom), dan kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, AF, bidang pandang 115 derajat.

Meski resolusi kamera belakangnya agak berbeda, kedua ponsel ini memiliki resolusi kamera depan yang sama, yaitu 32 MP.

Sejauh ini Xiaomi 13 series tersedia di China seharga mulai 3.999 yuan atau sekitar Rp 8,9 juta.

Belum ada informasi ataupun tanda-tanda Xiaomi 13 dan 13 Pro bakal turut dipasarkan di Indonesia. Namun dengan dirilisnya Xiaomi 12 di Indonesia, besar kemungkinan Xiaomi 13 sebagai suksesornya juga diboyong ke Tanah Air.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/23/10000047/cerahnya-layar-xiaomi-13-sampai-diklaim-pecahkan-rekor

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke