Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mengatasi Windows Tidak Terhubung ke Printer

KOMPAS.com - Beragam error seringkali terjadi pada Windows. Salah satunya adalah Windows yang tidak dapat terhubung ke printer. Akibatnya Anda yang akan mencetak berbagai dokumen pun terhambat akan masalah ini.

Windows yang tidak terhubung ke printer umumnya akan muncul notifikasi “Windows cannot connect to the printer”. Beberapa penyebabnya antara lain bisa jadi karena masalah pada driver printer atau justru pengguna yang masih menggunakan Windows dengan versi lama. 

Apabila Anda mengalami hal serupa jangan terburu-buru membawanya ke service center. Cobalah untuk mengatasi error jenis ini dengan beberapa cara sederhana. Apa saja itu? Selengkapnya KompasTekno merangkum beberapa cara mengatasi “Windows cannot connect to the printer”.

Windows menyediakan fitur troubleshooters untuk mengatasi beragam error yang terjadi di Windows. Salah satunya Windows yang tidak terhubung ke printer. Berikut ini tutorialnya.

Fitur print spooler service berfungsi untuk menyimpan tugas Anda hingga printer siap untuk mencetaknya. Untuk mengatasi error Windows yang tak dapat terhubung ke printer Anda dapat mencoba mengatasinya dengan memulai ulang fitur ini. Caranya:

Saat Anda menginstal printer di PC, Windows juga akan otomatis menginstal driver yang berguna untuk menghubungkan printer dengan perangkat Anda. Namun terkadang driver mengalami beragam error yang menyebabkan printer bermasalah.

Salah satunya “Windows cannot connect to the printer”. Untuk mengatasinya Anda dapat memperbarui driver printer Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Jika Anda masih terus mengalami error “Windows cannot connect to printer” cobalah untuk menghapus instalan device printer Anda. Setelah itu kembali menginstal ulang printer. Cara ini bisa jadi mengatasi error yang terjadi di Windows Anda. Begini caranya:

Apabila Anda telah menginstal kembali printer selanjutnya jangan lupa untuk mencetang bagian default printer. Adapun langkah-langkahnya sama seperti sebelumnya. Pengguna hanya perlu mencentang bagian “Let Windows manage my default printer”. 

Error yang terjadi bisa jadi karena pengguna masih menggunakan versi Windows lawas. Hal ini yang terkadang menyebabkan terjadinya error Windows sehingga tidak dapat terhubung ke printer. Cara update Windows dapat mengikuti tutorial pada artikel berikut ini.

Itulah beberapa cara mengatasi Windows tidak dapat terhubung ke printer. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/23/18060037/6-cara-mengatasi-windows-tidak-terhubung-ke-printer-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke