Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesan Pertama Pakai Samsung Galaxy A14 5G, Ponsel 5G Murah yang "Naik Kelas"

KOMPAS.com - Samsung resmi merilis smartphone 5G terbarunya di Indonesia yang bernama Galaxy A14 5G pekan lalu. Perangkat ini menjadi ponsel 5G termurah Samsung di Tanah Air saat ini. Harga Samsung A14 5G di Indonesia dibanderol Rp 3 juta untuk varian RAM 6 GB/128 GB.

Secara desain, Galaxy A14 5G bisa dibilang merupakan ponsel entry-level Samsung yang "naik kelas". Sebab selain kehadiran 5G di ponsel kelas bawah, desain ponsel ini juga terbilang cukup menawan. 

Keindahan Samsung A14 5G sudah terlihat pada bagian belakangnya. Pasalnya, cangkang ponsel tersebut kini dihiasi dengan tampilan (finishing) glossy yang memiliki tekstur cenderung kasar.

Dengan tekstur seperti itu, perangkat ini nyaman untuk digenggam berlama-lama. Selain itu, cangkang ponsel ini juga "ramah" dengan keringat dan sidik jari. Artinya, pengguna tak perlu sering-sering membersihkan cangkan ponsel dari bekas jari yang menempel. 

Masih berbicara bagian punggung, di sisi ini terdapat tiga buah modul kamera yang disusun secara vertikal.

Ketiga kamera ini, yang masing-masing beresolusi 50 MP, 2 MP (macro), dan 2 MP (depth sensor), tidak dimuat dalam sebuah modul, melainkan seakan "dilekatkan" begitu saja di atas permukaan cangkang prangkat. 

Hal menarik lainnya dari punggung Galaxy A14 5G adalah varian warna yang disediakan. Kebetulan KompasTekno mendapatkan varian warna baru Galaxy A14 5G, yaitu Dark Red.

Varian warna ini terlihat cukup elegan dan cantik, lantaran mirip dengan warna merah gelap nan mewah ala warna Burgundy di Galaxy S22 Ultra. Selain warna ini, Galaxy A14 5G juga tersedia dalam varian warna Silver dan Black.

Layar lega dan responsif

Beralih ke bagian depan Samsung A14 5G, ponsel ini dibekali dengan layar yang cukup lega dengan ukuran 6,6 inci dan resolusi Full HD Plus, serta cukup responsif dengan refresh rate 90 Hz.

Namun, jenis layar yang dipakai adalah PLS LCD, sehingga tingkat warna dan kecerahannya tidak sebagus layar AMOLED khas Samsung. Selain itu, karena tidak menggunakan layar AMOLED, ponsel ini juga tak dibekali dengan fitur Always On Display (AOD). 

Meski pakai PLS LCD, layar Galaxy A14 5G terbilang mampu menampilkan beragam konten dengan warna yang cukup tajam ketika dipakai untuk menonton atau bermain game.

Terlebih, layar ponsel yang dihiasi dengan modul kamera ala tetesan air alias "Infinity-V" dengan kamera selfie 13 MP, juga masih bisa dilihat dengan cukup jelas di bawah terik sinar matahari. 

Kendati layar lega dan masih cukup terang, bagian depan Galaxy A14 5G masih terasa seperti ponsel entry-level khas Samsung. Pasalnya, bezel yang mengelilingi layar ponsel ini cukup lebar, terutama di bagian "dagu" atau bawah ponsel.

Saat ini, berbagai ponsel kekinian yang beredar di pasaran cenderung memiliki layar dengan bezel tipis, sehingga pengguna yang beralih dari ponsel lain yang punya bezel tipis mungkin harus terbiasa dengan bezel lebar di layar Galaxy A14 5G.

Ponsel cukup tebal

Berpindah ke sisi bingkainya, Samsung A14 5G memiliki bingkai dengan bahan yang sama seperti cangkangnya, yaitu bahan kokoh yang menyerupai plastik. Namun, tekstur bingkai Galaxy A14 5G terasa licin, tidak kasar seperti bagian punggungnya.

Meski licin, ponsel ini masih tetap nyaman digenggam berlama-lama. Tetapi, hal ini hanya berlaku jika anda memiliki tangan yang cukup besar. Sebab, selain layar ponsel ini cukup besar, dimensi ketebalan Galaxy A14 5G juga cukup tebal.

Di atas kertas, Samsung Galaxy A14 5G memiliki dimensi ketebalan lebih dari 9 mm, jauh lebih tebal dibanding Galaxy A23 5G atau Galaxy A33 5G dengan 8,4 dan 8,1 mm.

Karena lebih tebal, bobot ponsel ini juga sedikit lebih berat dibanding ata-rata bobot "saudara-saudaranya" di Galaxy A-Series.Bobot Samsung A14 5G diklaim mencapai 202 gram. 

Ini artinya, ponsel tersebut mungkin saja akan membuat pengguna yang memiliki tangan kecil kesulitan menggenggamnya dalam durasi yang cukup lama, terlebih jika tangan berkeringat. 

Masih bicara soal bingkai, Samsung A14 5G dihiasi dengan berbagai lubang, konektor, dan tombol-tombol esensial untuk fungsi ponsel. 

Di bagian bingkai kanan, terdapat tombol volume dan tombol power yang merangkap sebagai sensor pemindai sidik jari (fingerprint). 

Sementara pada bagian bingkai kiri hanya terdapat laci kartu SIM yang bisa menampung dua kartu SIM (nano SIM) dan satu kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 1 TB. 

Lalu untuk bingkai bagian bawah terdapat lubang speaker, konektor USB-C, lubang mikrofon, dan audio jack 3,5 mm. Sedangkan di bingkai bagian atas hanya terdapat satu lubang mikrofon saja.

Isi kotak penjualan

Sama seperti ponsel Galaxy A-Series masa kini, kotak penjualan Galaxy A14 5G terlihat ramping dan didominasi dengan warna putih.

Di dalam kotak tersebut, peminat Galaxy A14 5G bakal mendapatkan buku panduan, SIM ejector, kabel data USB-C to USB-C, dan tentunya unit ponsel itu sendiri.

Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan softcase yang biasa dipakai untuk melindungi ponsel dari benturan, aksesori audio berupa earphone untuk mendengarkan musik, dan "kepala" atau adapter charger untuk melakukan pengisian baterai.

Meski demikian, Samsung akan memberikan bonus adapter charger berdaya 15 watt bagi mereka yang membeli Galaxy A14 5G dalam periode promo 20-26 Januari 2023.

Untuk ketersediaan, Galaxy A14 5G sudah bisa dibeli di Indonesia lewat situs resmi Samsung.com atau e-commerce mitra Samsung di Tanah Air dengan harga Rp 3 juta (6 GB/128 GB). Sejauh ini, Samsung A14 5G baru tersedia satu varian memori saja.

Sebelum membeli, ada baiknya melihat desain Samsung A14 5G dari segala sisi, termasuk isi kelengkapan kotak penjualan ponsel tersebut di dalam "Foto Galeri Samsung Galaxy A14 5G" berikut. Sementara itu, spesifikasi Samsung A14 5G bisa dilihat dulu di artikel ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/24/14020047/kesan-pertama-pakai-samsung-galaxy-a14-5g-ponsel-5g-murah-yang-naik-kelas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke