Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Dampak Negatif Media Sosial di Kehidupan Sehari-hari

KOMPAS.com - Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memberikan kemajuan untuk sarana kehidupan sehari-hari. Salah satunya perkembangan informasi dan komunikasi. Hal ini didukung dengan semakin masifnya media sosial yang hadir di kehidupan kita.

Dilansir dari situs Social Media Victims, media sosial merupakan bentuk komunikasi elektronik yang mengacu pada sarana interaksi pengguna. Di media sosial pengguna dapat membuat, berbagi, dan bertukar informasi dan ide dalam komunitas dan jaringan virtual.

Saat ini media sosial menjadi media komunikasi, kreativitas, hingga sarana alat bisnis yang luar biasa. Meskipun demikian tak hanya dampak positif yang ditimbulkannya. Bak pisau bermata dua, media sosial juga memiliki dampak negatif pada kehidupan sehari-hari. 

Apa saja itu? Selengkapnya rangkuman mengenai beberapa dampak negatif media sosial bagi kehidupan manusia.

Menurunnya kualitas kehidupan sosial

Maraknya bermunculan beragam media sosial membuat pengguna kini lebih banyak menghabiskan waktunya pada perangkat elektronik. Pengguna cenderung terpaku pada beragam konten yang bertebaran di media sosial. Akibatnya media sosial menjadi adiktif.

Semakin banyak seseorang menghabiskan waktu di media sosial, semakin besar kemungkinan mengalami penurunan kualitas dalam hubungan pribadi dengan orang terdekat. Hal ini juga diperparah dengan beragam konten yang secara tidak langsung dapat menimbulkan perbandingan sosial yang memicu depresi hingga frustasi.

Kesehatan fisik

Terlalu lama memandang gawai dan perangkat elokronik tentu akan mempengaruhi kesehatan fisik. Menatapsmartphone terlalu lama tentu akan mengganggu kesehatan seperti mata kering, mual, pusing, hingga miopi. Tak hanya itu hal lain yang terjadi adalah mempengaruhi pegal hingga sakit leher.

Kesehatan mental

Munculnya beragam konten di media sosial secara tak sadar terkadang membuat pengguna merasakan perbandingan sosial. Media sosial dapat membangkitkan perasaaan iri yang mengarah pada depresi dan kecemasan pada individu. Tentu hal ini berpotensi menyebabkan penurunan kesejahteraan psikologis.

Kemananan data

Munculnya beragam media sosial membuat pengguna kini tak hanya memiliki satu akun media sosial. Hal ini yang membuat pengguna semakin mudah menyebarkan data pribadi yang berpeluang menimbulkan kejahatan siber. Salah satunya pencurian data pribadi hingga berkurangnya privasi pengguna.

Mudahnya terpapar hoax

Hoax menjadi salah satu masalah yang masih saja sulit dibendung. Semakin bertebarannya media sosial dan masifnya penyebaran berita membuat pengguna kurang teliti dalam menerima dan mengolah berita yang diterima.

Akibatnya berita hoax cepat tersebar dan bisa jadi dapat menimbulkan kejadian yang fatal. Contoh saja informasi lowongan kerja yang kurang akurat dan justru menimbulkan penipuan.

Potensi terjadinya cyberbullying

Siapa sangka media sosial yang tidak digunakan dengan bijak dapat menimbulkan kejahatan tersendiri. Salah satunya terjadi cyberbullying yang marak terjadi di lingkungan anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Itulah beberapa dampak negatif media sosial di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu pengguna diharapkan dapat memanfaatkan beragam media sosial dengan baik dan bijak agar meminimalisir paparan efek negatif media sosial. 

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/24/18000087/6-dampak-negatif-media-sosial-di-kehidupan-sehari-hari-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke