Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini 39 Tahun Lalu, Apple Rilis PC "Macintosh" Cikal Bakal iMac

Saat diluncurkan 39 tahun silam, komputer Macintosh generasi pertama masih jauh dari kata sukses, harga terjangkau, dan bahkan jauh dari bisa digunakan sepenuhnya.

Namun, Macintosh 128K itu merupakan cikal bakal komputer iMac warna-warna yang kita kenal saat ini.

Macintosh 128K menjadi komputer "All in One Macintosh pertama Apple yang dilengkapi mouse dan antarmuka grafis (GUI) untuk menampilkan gambar. Desain “All in One” membuat iMac memiliki konfigurasi penempatan dan penggabungan CPU serta memori di satu wadah, yakni monitor.

Lahir dari Jef Raskin

Komputer Macintosh sebenarnya lahir dari ide Jef Raskin, karyawan Apple yang awalnya dipekerjakan untuk memulai departemen publikasi Apple.

Saat awal bekerja pada Januari 1978, Raskin memiliki visi tentang komputer yang mudah digunakan.

Ia pun akhirnya menyewa pengembang untuk mewujudkan visinya itu. Raskin saat itu memberikan nama kode "Macintosh" untuk komputernya. Adapun "Apple V" rencananya digunakan sebagai nama resminya.

Namun, ketika dirilis pada 24 Januari 1984, Apple memilih tetap menggunakan nama Macintosh lalu menambahkan embel-embel 128K. Angka itu tampaknya mengacu pada kapasitas memori komputer Macintosh yang kala itu sebesar 128KB.

Awalnya, Jef ingin komputer Macintosh yang bisa menampilkan gambar itu dirilis pada 1979 dengan harga 500 dollar AS atau setara 1.920 dollar AS saat ini.

Ia juga bermimpi bisa merilis komputer Macintosh secara komersial pada Natal 1981. Namun, impiannya itu pupus. Sebab, proyek Macintosh benar-benar diambil alih oleh pendiri Apple Steve Jobs antara akhir 1980 atau awal 1981.

Jef tidak "rela" membiarkan Steve Jobs mengambil alih proyek tersebut. Akhirnya, ia meninggalkan tim pengembang komputer Macintosh pada pertengahan 1981.

Lalu, pada awal 1982, Jef benar-benar hengkang dari Apple. Ia kemudian menciptakan komputer Canon Cat, dan menerbitkan buku tentang antarmuka pengguna.

Alhasil, Macintosh 128K pun hadir dengan monitor mini yang bisa menampilkan gambar, keyboard, dan sebuah mouse dengan satu tombol. Komputer tersebut dirilis pada Januari 1984 dengan harga 2.495 dollar AS atau setara 6.695 dollar AS di zaman sekarang (sekitar Rp 100 juta dengan kurs Rp 15.000 saat ini).

Harga Macintosh 128K menjadi mahal karena Steve Jobs menuntut spesifikasi yang lebih tinggi. Tak hanya itu, Apple juga mengeluarkan uang yang tak sedikit, yaitu 78 juta dollar AS atau setara 209 juta dollar AS hari ini untuk pemasaran Macintosh generasi pertama.

Untuk kebutuhan promosi, ketika itu Apple menayangkan iklan "Macintosh" pertama selama Super Bowl XVIII (pertandingan final sepak bola AS), dua hari sebelum peluncuran, dan saat peluncuran. Itu menjadi salah satu iklan fenomenal Apple saat itu.

Setelah dirilis, Macintosh terbilang lebih sukses dari Lisa, komputer pribadi komersial pertama yang juga memiliki antarmuka grafis (GUI) dan mouse. Masyarakat disebut lebih tertarik dengan Macintosh 128K dibanding Lisa yang memiliki harga awal hingga 10.000 AS.

Apple pun mengambil keputusan untuk berhenti memproduksi Lisa pada 1986. Sementara komputer Macintosh terus dikembangkan oleh Apple.

Komputer iMac pertama ini hadir dengan mengunggulkan fitur konektivitas internet. Kala itu, internet masih menjadi barang langka, sehingga tidak semua komputer dibekali dengan kemampuan untuk mengaksesnya. iMac G3 hadir sebagai pelopor PC dengan koneksi internet. 

Tak heran, bila Macintosh dan iMac bikinan Apple digadang-gadang sebagai perangkat revolusioner di dunia komputer.

Berbicara soal tampilan, iMac 1998 memiliki desain yang cukup mencolok kala itu dibanding komputer lainnya. Bodi monitor iMac tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti biru, oranye, merah, hijau, dan sebagainya.

Desain bodi warna-warni tersebut yang tampaknya diadaptasi ulang untuk dipakai pada seri iMac terbaru, yakni iMac Pro saat ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AppleInsider, Rabu (25/1/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/25/13040097/hari-ini-39-tahun-lalu-apple-rilis-pc-macintosh-cikal-bakal-imac

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke