Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selamat Tinggal Windows 10 dan Windows 10 Pro

Informasi tersebut tertulis di laman penjualan lisensi Windows 10 Home di tautan berikut ini, dan Windows 10 Pro di tautan berikut ini. 

Dalam laman tersebut, Microsoft mengatakan bahwa batas terakhir pengguna membeli lisensi OS Windows 10 edisi Home dan Pro adalah hari ini, Selasa (31/1/2023). 

Artinya per Rabu (1/2/2023) besok, pengguna sudah tak bisa membeli atau mengunduh Windows 10 dari laman resmi Microsoft. 

Windows Marketing Director, Amy Bartlow mengatakan bahwa penyetopan penjualan lisensi Windows 10 ini dilakukan di situs penjualan resmi Microsoft. 

"Kami memperbarui laman penjualan lisensi Windows 10 untuk sekadar memberikan informasi terbaru kepada konsumen, di mana hari terakhir mereka membeli lisensi OS tersebut di situs resmi Microsoft adalah 31 Januari 2023," jelas Amy, dikutip KompasTekno dari TheVerge, Selasa (31/1/2023).

Microsoft tidak menyebutkan apakah penjualan lisensi dari pihak ketiga, seperti dari marketplace atau OEM akan ikutan disetop atau tidak.

Meski penjualannya disetop, perusahaan rintisan Bill Gates ini bakal tetap memberikan dukungan terhadap Windows 10, seperti dukungan pembaruan keamanan dan lain sebagainya, hingga kurang lebih dua tahun ke depan.

"Windows 10 akan tetap mendapatkan pembaruan keamanan (security updates) untuk melindungi PC pengguna dari virus, spyware, dan malware lainnya hingga 14 Oktober 2025 mendatang," tulis Microsoft dalam laman penjualan lisensi Windows 10.

Nah, jika ingin membeli lisensi OS serupa dari Microsoft, pengguna bisa memilih OS yang lebih baru yaitu Windows 11, yang tampaknya masih akan tetap dijual di situs Microsoft dalam beberapa waktu ke depan.

Seperti diketahui, Windows 10 diluncurkan Microsoft pada Juli 2015 lalu. Artinya, OS tersebut kini sudah berumur nyaris 8 tahun. 

Windows 10 merupakan suksesor dari Windows 8, salah satu OS Windows yang dikritik habis-habisan karena mulai OS Windows versi ini, tombol "Start" dihilangkan Microsoft. 

Selain itu, banyak juga yang tidak suka tampilan menu Start Windows 8 yang "kotak-kotak", atau serasa seperti desain UI untuk perangkat touchscreen.

Pada saat peluncurannya, Microsoft menjagokan sejumlah fitur baru di Windows 10 seperti integrasi layanan gaming Xbox Live, fitur asisten digital Cortana yang bisa diakses dengan mudah, peramban anyar Microsoft Edge, dan masih banyak lagi. 

Kesuksesan Windows 10 kini diteruskan oleh Windows 11, OS baru yang diluncurkan Microsoft pada Oktober 2021 lalu.

Dibanding generasi sebelumnya, Windows 11 kini dibekali dengan  tampilan yang lebih segar, dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang produktivitas seperti Snap Layouts, Live Captions, dan lain sebagainya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/31/19060017/selamat-tinggal-windows-10-dan-windows-10-pro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke