Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Charger iPhone Tidak Masuk? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Terdapat berbagai macam kendala saat menggunakan iPhone. Salah satu kendala yang cukup umum dijumpai adalah pengisi daya atau charger iPhone tidak masuk. Alhasil, baterai iPhone tidak bisa mengisi daya.

Dalam beberapa kasus, charger iPhone kadang bisa masuk dan di lain waktu bisa saja tidak masuk. Masalah charger iPhone kadang masuk kadang tidak ini mungkin bakal sangat merepotkan pengguna.

Bila baterai tengah habis tetapi secara bersamaan mengalami masalah itu, pengguna akhirnya tak bisa mengisi daya iPhone secara optimal. Lantas, kenapa charger iPhone kadang masuk kadang tidak bisa terjadi?

Masalah ini bisa disebabkan karena beberapa faktor. Lalu, apa penyebab charger iPhone tidak masuk? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan beberapa penyebab charger iPhone tidak masuk dapat terjadi.

Penyebab charger iPhone tidak masuk

1. Charger tidak orisinal

Penyebab yang pertama adalah pengguna memakai charger tidak orisinal atau KW. Output daya dari charger KW tidak bisa bisa dipastikan kesesuaiannya dengan teknologi baterai pada iPhone.

Bila charger punya output daya terlalu yang terlalu kecil, baterai iPhone tidak akan bisa mengisi. Pada bar baterai di layar iPhone, statusnya mungkin akan terbaca tengah melakukan pengisian daya tetapi persentase baterai bisa jadi tidak bertambah.

2. Charger iPhone rusak

Charger iPhone mengalami kerusakan bisa menjadi penyebab yang berikutnya. Charger iPhone rusak umumnya ditandai dengan terdapat percikan api yang besar saat kepala charger atau adaptor dihubungkan ke stopkontak. Kemudian, kabel terkelupas atau retak.

3. Stopkontak rusak

Penyebab charger iPhone tidak masuk dapat diakibatkan oleh stopkontak yang digunakan telah mengalami kerusakan. Stopkontak yang rusak tidak dapat menghantarkan arus listrik ke charger. Alhasil, pengisian daya iPhone menjadi tidak berfungsi.

4. iPhone dicas sembari menjalankan aplikasi berat

Penyebab yang berikutnya adalah iPhone dicas sembari menjalankan aplikasi berat. Saat menjalankan aplikasi berat, iPhone bakal bekerja ekstra dan membuat suhunya naik menjadi lebih panas.

Bila suhu iPhone naik secara ekstrem maka pengisian dayanya bakal dihentikan sementara. Dengan dihentikannya proses pengisian daya itu, persentase baterai iPhone tidak akan bertambah dan malah bisa berkurang meski tersambung charger.

5. Terdapat kotoran di charger dan port iPhone

Penyebab charger iPhone tidak masuk yang terakhir adalah terdapat kotoran di charger dan port. Kotoran ini bisa berupa debu atau cairan. Kotoran tersebut dapat menghambat proses pengisian daya di iPhone.

Dikutip dari laman resmi Apple, mulai seri iPhone Xs ke atas, terdapat fitur yang bisa mendeteksi cairan di port atau konektor. Saat terdeteksi ada cairan di komponen tersebut, iPhone bakal otomatis menampilkan peringatan bahwa pengisian daya tidak tersedia.

Pengisian daya bakal bisa dilanjutkan apabila cairan yang terdeteksi di port atau konektor telah kering. Itulah penjelasan mengenai penyebab charger iPhone tidak masuk. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak, penjelasan di bawah ini.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi charger iPhone tidak masuk. Bila dengan cara di atas, masalah tetap terjadi, cobalah membawa iPhone ke teknisi yang terpercaya untuk mendapat penanganan lebih lanjut dan servis bila diperlukan.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/03/18150007/kenapa-charger-iphone-tidak-masuk-begini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke