Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengatasi Delay atau Lag saat Mengetik di Windows

KOMPAS.com - Mengetik dokumen menjadi aktivitas sehari-hari pengguna dalam bekerja. Namun meski terlihat mudah dan minim permasalahan, beberapa pengguna terkadang pernah merasakan delay atau lag saat mengetik.

Delay atau lag saat mengetik ini akan memunculkan karakter di layar sangat lambat. Huruf yang keluar memiliki jeda beberapa detik. Hasil pengetikan pun menjadi kurang optimal dan sering muncul beragam kesalahan.

Akibatnya sering terjadi penulisan kata/kalimat yang salah ejaan atau typo. Hal ini yang dapat memperlambat dan mengurangi produktivitas pengguna. Permasalahan ini pun biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Mulai dari perangkat yang lemot, port USB yang rusak, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara mengatasi delay atau lag saat mengetik? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

Menutup aplikasi yang tidak digunakan

Delay atau lag saat mengetik bisa jadi disebakan karena banyaknya aplikasi yang Anda buka. Sehingga RAM perangkat penuh dan mengakibatkan respon melambat hingga terjadi lag.

Cobalah untuk menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Selanjutnya coba kembali mengetik di Windows.

Cek USB/kabel ekstrenal keyboard

Apabila Anda menggunakan keyboard eksternal bisa jadi penyebabnya berasal dari kabel keyboard yang rusak atau error. Cobalah untuk mencabut keyboard dan memasangnya kembali ke port.

Anda juga bisa mencoba untuk mengalihkan keyboard ke port USB lain. Apabila delay masih berlanjut bisa jadi bagian internal keyboard Anda yang rusak.

Untuk keyboard nirkabel bisa jadi dongle USB yang dipasang di PC Anda kurang tepat. Cabut dan pasang kembali dongle USB. Apabila masalah masih terjadi, cobalah untuk periksa baterai pada keyboard. Bisa jadi daya baterai sudah melemah dan perlu diganti.

Apabila Anda menggunakan keyboard bluetooth pastikan untuk perangkat berada di dekat dongle/receiver atau komputer.

Windows sendiri memiliki fitur yang dapat menyelesaikan error pada perangkatnya sendiri. Salah satunya dengan menjalankan fitur troubleshooter yang dapat mengatasi masalah bawaan pada keyboard PC yang melambat. Berikut ini tutorialnya.

Restart komputer Anda

Selain menutup beberapa aplikasi yang tak digunakan, Anda dapat mencoba cara yang paling mudah dilakoni. Salah satunya dengan melakukan restart PC/laptop. Me-restart perangkat bisa jadi dapat mengatasi beberapa bug di komputer. Salah satunya masalah lag atau delay saat mengetik.

Driver perangkat berfungsi untuk menghubungkan komponen perangkat keras internal dan eksternal terhubung pada PC. Misalnya cara kerja layar, speaker, drive disk, keyboard yang terhubung dengan Windows.

Masalah lag atau delay yang terjadi bisa jadi karena driver yang usang. Maka dari itu update driver Anda dengan cara berikut ini:

Pengguna juga bisa menyesuaikan kecepatan keyboard. Berikut ini caranya:

  • Tekan tombol Windows + R
  • Ketikkan “Control Keyboard”
  • Selanjutnya sesuaikan pengaturan delay keyboard
  • Untuk memperbaiki penundaan keyboard saat mengetik maka tingkatkan “Repeat rate” dari lambat ke cepat dan persingkat “Repeat delay” dari panjang ke pendek
  • Atur sesuai kehendak dan cobalah beberapa kali hingga kecepatan keyboard ideal untuk Anda

Cek koneksi WiFi

Masalah delay atau lag saat mengetik di Windows bisa jadi karena keyboard nirkabel berdekatan dengan router WiFi.

Sinyal router Anda dapat menganggu sinyal keyboad bluetooth Anda. Untuk mengatasinya maka cobalah untuk menjauhkan PC dari router. Sehingga tidak terjadi lag atau delay saat mengetik.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/05/18150057/7-cara-mengatasi-delay-atau-lag-saat-mengetik-di-windows

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke