Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twitter Blue Resmi di Indonesia, Harga Langganan mulai Rp 120.000 Per Bulan

KOMPAS.com - Setelah tersedia lebih dulu di Amerika Serikat, Kanada, dan wilayah lainnya, layanan berbayar Twitter Blue akhirnya resmi meluncur ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia, pekan ini. 

Berdasarkan daftar harga di laman Help Center Twitter, harga berlangganan di Twitter Blue di Tanah Air dipatok di angka Rp 120.000 per bulan, atau Rp 1,25 juta per tahun, bagi yang mendaftar via Twitter versi web.

Harga berlangganan akan semakin mahal apabila pengguna membeli layanan Twitter Blue melalui aplikasi Twitter di Android dan iOS (mobile), yaitu dengan banderol Rp 165.000 per bulan. 

Jika mengacu pada harga berlangganan di Amerika Serikat (AS), banderol ini tampaknya tak jauh berbeda dari harga 8 dolar AS (sekitar Rp 121.000) untuk versi web dan 11 dolar AS (sekitar Rp 166.000) untuk versi mobile. 

Tidak dijelaskan mengapa harga Twitter Blue di platform mobile lebih mahal dibanding web.

Namun menurut kabar yang beredar, selisih harga ini diterapkan Twitter demi "mengakali" kebijakan pungutan biaya atau pajak yang ada di masing-masing toko aplikasi, baik itu di Play Store maupun App Store.

Nah, dengan merogoh kocek termurah Rp 120.000 per bulan tadi, pelanggan Twitter Blue di Indonesia akan bisa menikmati beragam fitur-fitur Twitter Blue yang tak dapat diperoleh di Twitter "reguler". 

Beberapa di antaranya, seperti pemberian status akun asli berupa "centang biru" untuk pelanggan Twitter Blue, fitur untuk melihat daftar balasan (replies) dari akun terverifikasi, iklan yang diklaim 50 persen lebih sedikit, hingga unggahan video dengan durasi yang lebih lama.

Meski demikian, fitur-fitur baru ini disebut bakal dirilis ke pelanggan Twitter Blue "dalam waktu dekat". Khusus untuk akun centang biru, status ini akan langsung didapatkan pengguna apabila sudah terverifikasi oleh sistem Twitter.

Di samping fitur-fitur di atas, pelanggan Twitter Blue juga bisa menikmati beberapa fitur anyar Twitter lainnya yang belum meluncur ke publik.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Twitter, Kamis (9/2/2023), beberapa fitur tersebut termasuk fitur untuk mengedit twit (Edit Tweet), Bookmark Folders, Top Articles, Readers Mode, unggahan video dengan kualitas 1080p, dan masih banyak lagi.

Pengguna Indonesia yang ingin berlangganan Twitter Blue bisa langsung mengunjungi menu "Twitter Blue" yang ada di panel samping kiri atau lewat menu pengaturan dan pilih "Twitter Blue", seperti gambar di atas.

Setelah itu, mereka bisa menekan tombol "Subscribe" untuk langsung membeli layanan Twitter Blue, baik itu melalui Twitter versi web atau mobile. Kemudian, masukan e-mail dan detail kartu kredit untuk pembayaran.

Perlu dicatat, hanya akun-akun yang berumur lebih dari 90 hari saja yang bisa berlangganan Twitter Blue.

Selain itu, akun-akun yang tidak aktif, akun yang profilnya diperbarui, hingga akun yang tidak terverifikasi dengan nomor ponsel juga tidak bisa berlangganan Twitter Blue.

Peraturan-peraturan ini konon diterapkan Twitter untuk memberantas akun-akun palsu baru yang memanfaatkan status centang biru. 

Dari pantauan KompasTekno, sebaran Twitter Blue ke pengguna di Indonesia belum merata. Masih ada beberapa pengguna Twitter yang belum kebagian fitur ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/09/08000067/twitter-blue-resmi-di-indonesia-harga-langganan-mulai-rp-120000-per-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke