Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Translate Chat di Telegram Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Melalui pengumuman Telegram di laman resminya, fitur ini dapat digunakan di chat individu, grup, dan channel. Pembaruan ini pun sudah hadir untuk Telegram versi 9.4.

Tidak hanya itu, fitur ini juga digulirkan untuk seluruh pengguna, baik pengguna berbayar (Telegram Premium) maupun pengguna gratis. Hanya saja, perbedaan di antara keduanya.

Pengguna berbayar dapat memanfaatkan fitur ini dengan lebih leluasa. Dikatakan demikian, karena pengguna Telegram Premium dapat menerjemahkan semua pesan di ruang obrolan. Sementara, pengguna reguler alias gratis, hanya dapat melakukan terjemahan per satu pesan saja.

Perbedaan lainnya juga terletak pada pilihan bahasa. Pengguna berbayar dapat menerjemahkan pesan ke dalam bahasa yang berbeda secara real-time, sedangkan pengguna gratis hanya dapat memilih satu bahasa saja secara real-time.

Sebagai gambaran, Telegram Premium menawarkan sejumlah fitur eksklusif yang merupakan peningkatan dari fitur versi “reguler”.

Telegram juga menambahkan beberapa fitur baru yang belum dijumpai layanan Telegram versi biasa. Di Indonesia banderol harganya Rp 449.000 per tahun atau Rp 59.000 per bulan.

Terlepas dari hal itu, kemunculan dari fitur ini bisa dikatakan memudahkan pengguna. Sebab, pengguna yang ingin berkomunikasi dengan pengguna asing, tidak lagi perlu repot melakukan terjemahan secara manual.

Pantauan KompasTekno, fitur baru tersebut sudah hadir di Indonesia. Saat menjajal kebaruan fitur, cara penggunaannya terbilang cukup mudah.

Dengan melakukan beberapa langkah singkat, pengguna bisa langsung menggunakan fitur terjemahan ini di ruang obrolan.

Penasaran bagaimana cara menerjemah pesan di Telegram? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara menerjemahkan pesan di Telegram

Sebelum memaanfaatkan fitur ini, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Telegram di smartphone atau telah melakukan pembaruan (update) aplikasi di toko aplikasi resmi, seperti Apple App Store ataupun Google Play Store.

Selain fitur ini, Telegram juga menghadirkan fitur baru, seperti memungkinkan pengguna menggunakan stiker/emoji sebagai foto profil, memudahkan pengguna memanajemen penggunaan data aplikasi, reaksi emoji/stiker yang lebih interaktif, dan masih banyak lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/13/07000037/fitur-translate-chat-di-telegram-bisa-dicoba-di-indonesia-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke