Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Suara WhatsApp Bakal Bisa Diubah Jadi Teks untuk Dibaca

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru bernama "Voice Note Transcript". Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan voice note ditranskrip alias diubah menjadi teks.

Sehingga dengan fitur Voice Note Transcript ini, pengguna bisa mengetahui isi pesan suara  tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu.

WABetaInfo melihat fitur Voice Note Transcript ini muncul di pembaruan WhatsApp beta versi 23.3.0.73 untuk perangkat iOS.

Dalam tangakapan layar yang dibagikan, WhatsApp bakal menyediakan jendela pop-up berisi informasi mengenai fitur Voice Note Transcript.

Dari jendela tersebut, fitur bahasa Voice Note Transcript bakal disetel dalam bahasa Inggris secara default. Pengguna bisa mengubah pilihan bahasa lewat menu "Change Language" yang juga muncul di jendela.

Namun, belum ada informasi lebih spesifikasi soal pilihan bahasa yang tersedia untuk transkrip voice note WhatsApp. Pun, belum ada informasi terbaru mengenai cara kerja fitur Voice Note Transcript, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (13/2/2023).

Pada 2021, WABetaInfo melaporkan pengguna perlu mengaktifkan fitur transkrip voice note dan memberikan izin WhatsApp untuk mengakses fitur Speech Recognition.

Izin tersebut akan muncul sebagai jendela pop-up. Di situ tertera informasi bahwa data suara yang diterima dari WhatsApp ini akan dikirimkan ke Apple, untuk ditindaklanjuti (ditranskrip).

Selain itu, tertulis pula bahwa data yang dikirimkan dari fitur transkrip voice note WhatsApp ini juga akan membantu Apple untuk meningkatkan teknologi pengenalan suaranya (speech recognition).

Pengguna akan diberikan opsi "OK" untuk melanjutkan transkrip pesan suara, atau "Don't Allow" bila tak ingin mengaktifkannya. Bila pengguna memilih "OK", maka pengguna akan diarahkan ke jendela "transkrip". Di situ, pengguna bisa melihat hasil transkrip dari voice note miliknya berdasarkan stempel waktu.

Stempel waktu itu juga berguna bila pengguna ingin lompat ke isi pesan suara tertentu saja pada voice note, sehingga tak perlu mendengarkan voice note dari awal.

Saat pesan ditranskrip untuk pertama kali, teksnya akan disimpan secara lokal di database WhatsApp, sehingga tidak perlu ditranskrip lagi jika pengguna ingin melihatnya lagi di kemudian waktu.

Seperti tertera di jendela pop-up, pesan suara yang akan ditranskrip ini tidak akan dikirim ke server Facebook atau WhatsApp, melainkan ke server Apple. Meski dikirim ke server Apple, pesan suara ini tidak akan ditautkan langsung ke identitas pengguna.

Selama ini, fitur voice note memang berguna ketika pengguna ingin mengirim pesan tapi sedang tak memungkinkan untuk mengetiknya secara langsung.

Namun di sisi lain, si penerima voice note juga bisa saja sedang dalam kondisi tidak bisa mendengarkan pesan suara tersebut. Misalnya, karena tidak membawa headphone atau sedang berada di lingkungan yang berisik.

Nah, ketika si penerima tak memungkinkan untuk mendengarkan voice note yang diterimanya, di sinilah fitur transkripsi voice note berperan.

Setelah vakum, menurut WABetaInfo, WhatsApp tampaknya kembali mengerjakan fitur Voice Note Transcript lagi.

Namun belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp iOS. Belum ketahui pula, apakah fitur transkripsi voice note ini juga akan hadir di WhatsApp Android atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/13/09000037/pesan-suara-whatsapp-bakal-bisa-diubah-jadi-teks-untuk-dibaca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke