Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Upgrade Kamera Selfie Galaxy S23 Series Jadi 12 MP, Ini Keunggulannya

Bagi Galaxy S23 dan S23 Plus, resolusi kamera depan 12 MP itu adalah peningkatan dibanding pendahulunya, Galaxy S22.

Tahun lalu, Galaxy S22 dan S22 Plus membawa kamera selfie beresolusi 10 MP. Sementara bagi Galaxy S23 Ultra, resolusi kamera depan 12 MP itu turun dari 40 MP pada Galaxy S22 Ultra.

Meski begitu, kamera selfie trio Galaxy S23 series tahun ini disebut tetap lebih baik dari kamera depan Galaxy S22 series tahun lalu.

Pasalnya, kamera depan 12 MP membawa sejumlah peningkatan signifikan yang absen pada kamera depan Galaxy S22 series. Apa saja?

Kamera selfie Super HDR pertama Samsung

Untuk pertama kalinya, Samsung menyertakan kamera selfie Super HDR pada trio Galaxy S23 series.

Karena mendukungan Super HDR, kamera selfie 12 MP tersebut kini mampu merekam video 4K (Ultra HD/UHD) dengan frame rate 60 fps. Tahun lalu, kamera selfie Galaxy S22 series hanya mentok mampu merekam video 4K di 30 fps.

Dengan dukungan kamera selfie Super HDR, pengguna bakal mendapatkan foto dan video yang lebih bagus lagi dengan kamera selfie Galaxy S23 series.

Autofokus yang lebih cepat dan tepat

kamera selfie 12 MP pada Galaxy S23 Ultra sudah mendukung otofokus dual pixel (Dual Pixel Autofocus/ DPAF). Teknologi Otofokus Dual Pixel tersebut absen pada kamera selfie Galaxy S22 series tahun lalu.

Bahkan Galaxy S22 Ultra yang punya kamera selfie 40 MP juga tak memiliki teknologi otofokus tersebut.

Lantas, apa keuntungan yang bakal dirasakan pengguna dengan kamera selfie 12 MP dengan Dual Pixel Autofocus pada Galaxy S23 Ultra?

Mobile Experience Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus menjelaskan, secara teori, teknologi Dual Pixel Autofocus dapat membuat kamera selfie Galaxy S23 Ultra menghasilkan pemfokusan yang jauh lebih cepat.

Selain itu, teknologi tersebut mampu mempertahankan fokus pada objek bergerak lebih cepat daripada Phase Detection autofocus (PDAF) biasa. Dengan kata lain, begitu kamera selfie dibuka, kamera akan lebih cepat mengunci fokus pada objek yang muncul di layar.

Kamera selfie 12 MP Galaxy S23 series juga sudah didukung oleh dua foto dioda (two photodiode). Artinya, kamera depan Galaxy S23 Ultra yang kini mendukung 12 juta piksel, masing-masing pixel dikonfigurasikan oleh dua fotodioda. Sehingga kamera ini dapat menyerap lebih banyak cahaya.

"Pada saat pemrosesan gambar dengan dengan dual photodiode, sederhananya, pengguna bisa mengambil foto dan video di kondisi minim cahaya (low light) menjadi jauh lebih bagus karena kamera bisa menyerap lebih banyak cahaya," kata Verry.

Selain teknologi two photodiode dan Dual Pixel Autofocus, Galaxy S23 Ultra juga kini ditenagai chipset terkuat dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Chipset spesial tersebut diklaim membawa peningkatan 25 persen untuk kinerja GPU (pemrosesan grafis) dan 5 persen untuk kinerja CPU, dibandingkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 "biasa" yang tahun ini banyak digunakan pada deretan ponsel flagship dari berbagai vendor ponsel.

Peningkatan CPU dan GPU tersebut ikut berkontribusi pada pengambilan gambar serta pemrosesan gambar yang lebih baik pada kamera selfie 12 MP Galaxy S23 series.

Teknologi AI

Samsung menjelaskan, kamera depan 12 MP pada Galaxy S23 series kini juga memiliki AI object aware engine.

Teknologi berbasis kecerdasan buatan tersebut membantu kamera ponsel mengenali berbagai objek, termasuk detail rambut hingga pakaian pengguna.

Setelah dikenalai, AI object aware engine akan memisahkan detail-detail kecil pada obyek dengan latar belakang. Hal ini membuat hasil foto tampak semakin detail dan jelas.

Saat ber-selfie ria, pengguna kini juga bisa mengatur tone kamera selfie, yaitu cold tone (lebih kebiru-biruan) atau warm tone (lebih ke kuning/oranye). 

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/16000017/samsung-upgrade-kamera-selfie-galaxy-s23-series-jadi-12-mp-ini-keunggulannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke