Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pre-Order Samsung Galaxy S23 di Korea Selatan Pecah Rekor

Walau tanggal pre-order ini sedikit berbeda di tiap negara, ponsel anyar Samsung itu telah dipesan sebanyak 140.000 unit di India dalam waktu 24 jam. Angka tersebut naik dua kali lipat dibanding Galaxy S22 yang sudah dirilis 2022 lalu.

Tidak hanya di India, penjualan domestik Galaxy S23 series di Korea Selatan juga tercatat meningkat pesat, bahkan sampai memecahkan rekor Samsung sendiri.

Dihimpun KompasTekno dari Sam News24 yang mengutip media lokal, Rabu (15/2/2023), pemesanan Galaxy S23 series dilaporkan tembus 1,09 juta unit di Negeri Ginseng itu.

Dari persentase di atas, 60 persen pemesanan terdiri dari Galaxy S23 Ultra, smartphone dengan kamera 200 MP pertama bikinan Samsung. Adapun Galaxy S23 “reguler” sebanyak 24 persen, sedangkan Galaxy S23 Plus 15 persen.

Angka ini juga mencetak rekor pemesanan smartphone dari jajaran Galaxy S-series di pasar Asia.

Jika dibandingkan dengan laporan pemesanan Galaxy S22 series tahun lalu, perangkat tersebut dipesan sebanyak 1,01 juta unit selama tujuh hari (14—21 Februari 2022) pembukaan masa pre-order.

Jika dibandingkan lagi dengan duo ponsel lipat Samsung, Galaxy Z Flip 4 dan Fold 4 yang dirilis Agustus 2022, jumlah pemensanannya pun masih kalah. Secara keseluruhan, Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 dipesan sebanyak 970.000 unit.

Akan tetapi, angka pemesanan Galaxy S23 series masih belum melampaui jumlah pemesanan Samsung Galaxy Note 10 di Korea Selatan pada 2019 lalu. Jumlah pesanan smartphone tersebut kala itu tercatat sebagai yang paling tinggi, yaitu 1,38 juta unit.

Strategi baru Samsung

Terlepas dari perbedaan tersebut, laporan di atas menunjukkan konsumen dari Korea Selatan lebih memilih Galaxy S23 Ultra ketimbang dua model lainnya. Hal ini mungkin sejalan dengan strategi Samsung yang ingin berfokus pada penjualan Galaxy S23 Ultra.

Selain menghadirkan spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding dua "saudaranya", seperti kamera belakang 200 MP hingga sensor kamera ISOCEEL HP2 yang dibekali teknologi Super Quad Pixel, cara Samsung memperkenalkan Galaxy S23 Ultra pun dibuat “spesial”.

Dikatakan demikian karena selama acara Galaxy Unpacked kemarin, durasi video peluncuran produk baru Samsung adalah 59 menit. Setengah dari video tersebut atau sekitar 28 menitnya dipakai untuk mengumbar kebolehan dari Galaxy S23 series.

Selama 20 menit, Samsung mengunggulkan kamera Galaxy S23 series yang berfokus pada performa kamera Galaxy S23 Ultra. Sedangkan, 8 menit sisanya digunakan untuk memperkenalkan desain, spesifikasi, dan fitur yang dimiliki perangkat.

Tidak hanya itu, Samsung juga berkolaborasi dengan dua sutradara kenamaan, Ridley Scott dan Na Hongjin yang menggunakan Galaxy S23 Ultra untuk membuat dan merekam film garapan masing-masing mereka.

Berbeda dengan acara Galaxy Unpacked 2022 lalu, Samsung membagi acara peluncuran ponsel flagship bikinannya menjadi dua sesi. Sesi pertama untuk model “reguler” dan “Plus”, sedangkan satu sesi khusus untuk model “Ultra”.

Dengan pemaparan di atas, peluncuran kali ini tampaknya memang menjadi strategi baru Samsung. Supaya konsumen memahami betul keunggulan dari kamera Galaxy S23 Ultra dan harapannya konsumen bisa tertarik bahkan memberi smartphone tersebut

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/15/15000007/pre-order-samsung-galaxy-s23-di-korea-selatan-pecah-rekor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke