Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fitur Huawei MatePad SE Kids Edition agar Anak Aman Main Tablet

Sesuai dengan namanya, tablet ini dihadirkan bagi para orang tua yang menginginkan anak-anak mereka belajar dan bermain dengan aman dan nyaman menggunakan gadget. 

Untuk mendukung hal tersebut, Huawei MatePad SE Kids Edition dibekali dengan beragam fitur unggulan, yang tentunya dirancang khusus untuk anak-anak. Apa saja?

Selain lega, layar ini juga diklaim aman bagi mata anak-anak, lantaran disebut sudah mengantongi sertifikat TUV Rheinland Dual Certification Flicker Free dan Low Blue Light. 

Kedua sertifikat biasanya diberikan kepada layar gadget yang sudah terbukti tidak memiliki efek berkedip (flicker) dan efek cahaya biru (blue light) berlebih. Sebab, kedua efek layar ini dikenal bisa merusak mata pengguna, terlebih anak-anak. 

Masih soal layar dan mata, Huawei MatePad SE Kids Edition juga dibekali dengan fitur Eye Health untuk menjaga kesehatan mata anak-anak ketika memakai tablet.

Beberapa fitur yang termasuk ke dalam kategori perlindungan mata ini mencakup Blue Light Filter untuk mengurangi efek sinar biru yang dihasilkan layar, hingga Posture Alert untuk mengingatkan anak-anak jika memainkan tablet dalam posisi tiduran. 

Ada pula fitur Bumpy Road Alert untuk mengingatkan agar tidak memainkan gadget ketika kondisi berguncang (seperti di dalam mobil), Brightness Alert untuk mencegah anak menggunakan tablet di kondisi gelap, dan masih banyak lagi. 

Nah, jika tablet mendeteksi anak-anak berada di dalam kondisi yang dianggap "kurang sehat" seperti di atas, maka layar tablet akan menampilkan layar peringatan, dan tablet tersebut tidak akan bisa dipakai sebelum kondisi sudah aman.

Hal-hal yang bisa diatur di Parental Controls mencakup durasi penggunaan layar atau screen time, pembatasan waktu pemakaian aplikasi, pengendalian aplikasi yang boleh dibuka oleh anak, dan lain sebagainya. 

Selain itu, orang tua juga bisa mengatur konten-konten apa saja yang bisa dilihat oleh anak melalui Parental Controls. Artinya, mereka bisa menghindari konten-konten yang tidak pantas dilihat, seperti konten dewasa, supaya tidak dinikmati oleh anak-anak. 

Di dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa aplikasi yang dapat mengasah kreativitas anak dengan berbagai kegiatan seperti memotret, menggambar, melukis, hingga merekam suara.

Agar lebih menarik minat anak-anak, tampilan antarmuka (UI) Kids Corner dirancang dengan detail dan ikon yang telah dimodifikasi seunik dan semenarik mungkin. 

Dalam aplikasi Kids Corner pula, orang tua bisa mengaktifkan beberapa fitur yang bisa meningkatkan keamanan ketika anak-anak menggunakan tablet, salah satunya adalah Safe Charging.

Dengan fitur ini, tablet nantinya tidak bisa dipakai ketika sedang diisi dayanya, dan baru bisa dipakai kembali ketika dayanya terisi penuh. 

Pembungkus (case) tablet ini, misalnya, memiliki standar Food Grade dari LFGB dan FDA, sehingga aman sengaja tergigit oleh anak. 

Meski aman, desain tablet tetap dibuat semenarik mungkin supaya cocok untuk anak-anak dan bisa menunjang kegiatan mereka.

Pada bagian handle multifungsi yang ada di belakang tablet, contohnya, bisa digunakan sebagai dudukan untuk menyandarkan tablet dan bisa digunakan sebagai handle untuk membawa-bawa tablet. 

Kemudian, ada pula pena digital (stylus) yang bisa diletakkan di dalam handle tablet tadi. Stylus ini berfungsi untuk menggambar hingga menulis di aplikasi Kids Corner tadi. 

Harga Huawei MatePad SE Kids Edition

Secara spesifikasi, Huawei MatePad SE Kids Edition dibekali dengan chipset Snapdragon 680, yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan media penyimpanan (storage) 32 GB dengan dukungan kartu microSD hingga 1 TB.

Tablet yang memiliki kamera belakang 5 MP, kamera depan 2 MP, dan baterai 5.100 mAh ini menjalankan sistem operasi (OS) HarmonyOS 3, bukan Android. Sehingga tidak memiliki dukungan aplikasi Google Mobile Service, seperti YouTube, Maps, Drive, dsb.

Di Indonesia, Huawei MatePad SE Kids Edition dijual dengan harga Rp 3,3 juta dan sudah bisa didapatkan di Huawei Authorized Experience Store dan beberapa mitra marketplace Huawei di Tanah Air mulai hari ini.

Untuk memeriahkan momen perilisan tablet tersebut di Indonesia, Huawei menggelar promo First Sale Offer pada periode 17-28 Februari 2023.

Jika pengguna membeli Huawei MatePad SE Kids Edition dalam periode itu, maka mereka bakal mendapatkan sejumlah benefit ekstra senilai Rp 1,7 juta secara cuma-cuma.

Benefit-benefit tersebut mencakup aksesori audio TWS Huawei FreeBuds SE (selama persediaan masih ada), layanan BabyBus VIP Membership selama 3 bulan, dan layanan Azomee VIP membership selama 1 tahun.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/17/15010057/5-fitur-huawei-matepad-se-kids-edition-agar-anak-aman-main-tablet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke