Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy M14 5G Segera Masuk Indonesia?

Laman tersebut memuat sertifikasi sebuah ponsel Samsung yang memiliki nomor sertifikat 1674/SJ-IND.8/TKDN/2/2023 yang diajukan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia pada 17 Februari 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran KompasTekno, nomor model SM-M146B merujuk pada Samsung Galaxy M14 5G. Nomor ini sama dengan yang muncul di laman sertifikasi National Broadcasting and Telecommunications Commission (NBTC) di Thailand.

Nomor model ini juga identik dengan perangkat yang pernah muncul di situs benchmark, Geekbench. Konon, ponsel tersebut diyakini akan mengandalkan chipset bikinan perusahaan sendiri, yaitu Exynos octa-core.

Di situs Geekbench, chipset yang digunakan memiliki nomor seri s5e8535 octa-core (delapan inti) yang dipadankan dengan RAM 4 GB. Chipset tersebut terbagi menjadi dua klaster, yang mana klaster pertama memiliki dua inti dengan clockspeed hingga 2,4 GHz.

Sementara klaster kedua memiliki enam inti dengan kecepatan 2,0 GHz. Sedangkan, pengolah grafisnya tertulis menggunakan GPU Mali-G68.

Meskipun tidak dirinci lebih lanjut model chipset yang digunakan, moniker dari chipset tersebut diprediksi adalah Exynos 1330, chipset baru yang belum dluncurkan Samsung.

Perlu dicatat, sertifikasi ini menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan keamanan dan standar kualitas. Meskipun tidak menyantumkan detail spesifikasi yang lengkap, sertifikasi semacam TKDN dan NBTC setidaknya memberikan sinyal bahwa ponsel tersebut akan segera diluncurkan.

Di Indonesia, TKDN merupakan salah satu syarat yang wajib yang harus dilakukan sebelum perangkat dijual ke pasaran. Biasanya, perangkat yang sudah lolos TKDN, akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy M14 5G

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy M14 5G sudah lebih dulu beredar di internet sebelum dirilis secara global.

Kabarnya, Galaxy M14 nanti akan memiliki desain atau malah "rebranding" dari Galaxy A14 yang sudah meluncur di pasar global.

Menurut The Tech Outlook, Galaxy M14 akan hadir dengan tiga varian warna, yaitu Dark Blue, Blue, dan Silver. Perangkat ini memiliki poni (notch) yang menyerupai tetesan air (waterdrop) di bagian tengah atas layar.

Bagian depan smartphone mempunyai bezel yang tebal. Sedangkan untuk bagian belakangnya dilengkapi dengan tiga kamera dan LED flash. Desain ini identik dengan yang dimiliki Galaxy A14.

Berpindah ke dapur pacu. Seperti disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy M14 5G konon akan dibekali dengan chipset Exynos 1330 yang dipadukan dengan RAM 4 GB.

Untuk daya, ponsel mid-range ini akan ditopang baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 25 Watt, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (19/2/2023).

Namun, ada pula rumor yang menyebut ponsel ini akan dibekali baterai dengan kapasitas 5.830 mAh, berdasarkan laman sertifikasi SGS Fimko Certification.

Fitur pendukung lain yang diprediksi bakal ikut disematkan adalah konektivitas Bluetooth 5.2 dan juga sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) One UI 5.0.

Bocoran spesifikasi di atas masih belum bisa dipastikan dan bisa saja berbeda saat dirilis. Hingga saat ini, Samsung belum mengumumkan peluncuran Galaxy M14 5G, baik secara global maupun di Indonesia. Kabarnya, perangkat ini akan diumumkan antara bulan Maret hingga Juli 2023.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/20/11000097/samsung-galaxy-m14-5g-segera-masuk-indonesia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke