Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Indonesia Kini Bisa Nonton TikTok di TV

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di beberapa negara sejak 2020 lalu, aplikasi TikTok khusus untuk perangkat Android TV, yaitu TikTok TV, akhirnya resmi meluncur di pasar Indonesia. 

Hal ini diumumkan TikTok melalui sebuah pengumuman di blog resmi TikTok Indonesia. Menurut TikTok, aplikasi TikTok TV hadir untuk memberikan pengalaman hiburan konten TikTok bagi keluarga di rumah.

"Aplikasi TikTok TV dirancang sesuai dengan pengalaman menonton TV di rumah, memberikan akses yang mudah untuk menonton konten di laman 'For You' dan 'Following' melalui layar yang lebih besar," ujar TikTok Indonesia. 

Pantauan KompasTekno, Selasa (21/2/2023), aplikasi TikTok TV memang sudah bisa diunduh langsung di Android TV yang kami miliki (Mi TV).

Menurut TikTok, aplikasi ini juga bakal bisa diunduh di Google TV, Samsung Smart TV, dan Smart TV merek lainnya yang terpasang dengan sistem operasi (OS) Android TV di Indonesia mulai hari ini.

Namun khusus untuk LG Smart TV, pihak TikTok mengatakan bahwa aplikasi TikTok TV bakal tersedia dalam beberapa waktu ke depan.

Sekilas, tampilan TikTok TV mirip dengan tampilan antarmuka (UI) TikTok ketika diakses melalui perangkat komputer (PC).

Artinya, konten TikTok yang memiliki format vertikal akan diisi dengan ilustrasi gambar buram di bagian kiri dan kanan konten, supaya bisa memenuhi layar TV yang memiliki format horizontal.

Meski memiliki tampilan berbeda, konten sebagian besar fitur yang ditawarkan tetap sama. 

Melalui TikTok TV, pengguna bisa melihat berbagai konten yang berada di laman "For You" dan "Following", serta beberapa kategori konten seperti "Comedy", "Sports", "Animals", "Learning", dan masih banyak lagi. 

Pengguna juga bisa menyukai konten yang mereka lihat di TikTok TV dengan menekan tombol "Likes", melihat komentar pengguna TikTok lewat tombol "Comments", atau melihat profil pengguna yang mengunggah video tersebut dengan menekan tombol "Profile".

Namun, pengguna TikTok TV tampaknya tidak bisa memberikan komentar terhadap video yang mereka tonton, setidaknya begitu menurut pantauan KompasTekno.

Nah, untuk melakukan berbagai aktivitas di TikTok TV, seperti melihat video yang telah dikurasi sesuai minat pengguna dan menyukai atau melihat komentar postingan TikTok tadi, pengguna harus lebih dulu masuk (login) dengan akun TikTok mereka. 

Untuk masuk ke akun TikTok, pengguna bisa ikon "Avatar" yang ada di pojok kanan atas tampilan TikTok TV, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Lalu, mereka bisa mengunjungi https://tv.tiktok.com/activate di ponsel mereka, serta masuk menggunakan akun TikTok masing-masing untuk memasukkan serangkaian kode yang muncul di layar TV.

Selain itu, pengguna juga bisa memindai (scan) kode QR yang ada di TV menggunakan aplikasi TikTok yang terpasang di ponsel masing-masing.

Penasaran ingin menjajal TikTok TV? Aplikasi ini bisa langsung diunduh di toko aplikasi Play Store di Android TV Anda masing-masing. 

Selain itu, pengguna juga bisa mencari aplikasi TikTok di toko aplikasi Play Store melalui ponsel Android masing-masing, dan memilih opsi memasang (install) aplikasi tersebut di Android TV yang terhubung dengan akun Google mereka.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/21/17280077/pengguna-indonesia-kini-bisa-nonton-tiktok-di-tv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke