Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Artifact, Aplikasi Berita Buatan Pendiri Instagram Hadir di Indonesia

Berbeda dari agregator berita lainnya, Artifact menawarkan News Feed (umpan berita) yang berbasis pada kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Jadi, nantinya, pengguna bisa membaca artikel berita yang dipersonalisasi sesuai dengan minatnya.

Pantauan KompasTekno, pengguna di Indonesia sudah bisa men-download Artifact, baik di toko aplikasi Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS).

Berikut link download Artifact:

  • Link download Artifact di Google Play Store
  • Link download Artifact di Apple App Store

Perlu dicatat, saat ini, aplikasi Artifact hadir dalam versi Early Access. Artinya, pengguna diberi kesempatan untuk menjajal aplikasi lebih awal sebelum resmi dirilis.

Menurut keterangan di Google Play Store, Artifact dikembangkan oleh pengembang Nokto. Aplikasi ini dapat berjalan di ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 6.0 (Marshmallow) atau yang lebih baru.

Saat berita ini ditulis, aplikasi News Feed Artifact bikinan pendiri Instagram ini sudah di-download sebanyak lebih dari 10.000 kali di Play Store.

Selanjutnya, bila pengguna memiliki langganan di outlet media seperti The New York Times, Washington Post, Financial Time atau media lainnya, pengguna bisa memilihnya. Dengan begitu, Artifact akan memprioritaskan berita-berita dari media tersebut di News Feed pengguna.

Pengguna juga bisa mengaktifkan fitur "alert" untuk mendapatkan berita sela (breaking news) dan berita lain sesuai minat pengguna.

Ada pula tab lain sesuai topik yang sudah dipilih di awal. Misalnya, KompasTekno memiliki tab "Tech Cos" untuk topik berita teknologi, tab "AI" untuk topik berita kecerdasan buatan, dan tab lainnya.

Ketika membaca berita, pengguna bisa memberikan umpan balik "jempol ke bawah". Dengan begitu, Artifact akan mengurangi menampilkan artikel macam itu lagi. Pengguna juga memiliki opsi "Snooze Publisher", agar tak lagi membaca berita dari outlet berita tersebut.

Pengguna juga bisa membagikan (share) dan menyimpan (bookmark) artikel berita.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/24/09000027/artifact-aplikasi-berita-buatan-pendiri-instagram-hadir-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke