Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Game Baru PS4 dan PS5 yang Diumumkan Sony di State of Play

Dalam acara itu, Sony menampilkan video cuplikan (trailer) terbaru dari sejumlah game-game PS4 dan PS5 yang akan segera dirilis.

Tahun ini, State of Play fokus pada game third party dan virtual reality (VR) untuk konsol PS4 dan PS5. Berikut ini daftar game yang bisa dimainkan dengan PSVR2

Salah satunya adalah game FPS dengan nuansa steampunk berjudul The Foglands. Dalam game ini, pemain akan mengambil peran sebagai Runner, pahlawan bagi komunitas yang tinggal di bawah tanah.

Pemain akan menjelajahi berbagai area yang diselimuti kabut sambil melawan monster yang ganas.

Green Hell

Monster pun bukan satu-satunya musuh yang ganas, dan hal ini dibuktikan oleh game berikutnya, Green Hell.

Game survival yang awalnya dirilis tahun 2021 tanpa dukungan virtual reality ini akhirnya bisa menjadi lebih imersif dengan bantuan PlayStation VR 2. Pemain akan berusaha bertahan hidup di tengah ganasnya lingkungan hutan Amazon.

Berbeda dengan setting Green Hell yang cukup primitif, game berikutnya dengan judul Synapse mengambil setting yang futuristis. Di sini, pemain akan banyak menggunakan pistolnya dan kemampuan telekinesis untuk mengalahkan musuh yang ada.

Journey to Foundation

Sony juga memperkenalkan Journey to Foundation, game RPG dengan suasana luar angkasa yang diadaptasi dari buku Isaac Asimov berjudul The Foundation.

Before Your Eyes

Terakhir, ada game Before Your Eyes yang mengajak pemain untuk menelusuri masa lalunya dari kecil sampai beranjak dewasa. Setiap kedipan mata, pemain akan melompati waktu ke masa depan.

Deretan game virtual reality yang sudah dipaparkan sebelumnya akan meluncur tahun ini.

Destiny 2 Lightfall

Selain game VR, Sony juga memamerkan sejumlah trailer untuk game lainnya, contohnya saja Destiny 2 Lightfall yang dirilis sebagai ekspansi atau tambahan game yang sebelumnya sudah ada.

Konten tambahan yang dikemas dalam ekspansi (expansion) cukup beragam, mulai dari misi baru, area baru, sampai item baru.

Ekspansi Lightfall akan diluncurkan pada 28 Februari mendatang untuk semua platform termasuk PS4 dan PS5.

Sony menunjukkan trailer game Tchia. Ini merupakan game petualangan yang mengambil tempat di kepulauan yang luas.

Sebagai karakter Tchia, pemain harus melewati berbagai rintangan untuk menyelamatkan ayahnya dari tiran yang jahat, Meavora. Untuk melakukan hal ini, Tchia perlu menggunakan kemampuan Soul Jump-nya untuk mengontrol puluhan hewan dan benda yang ditemukan.

Tchia meluncur pada 21 Maret. Pemain yang sudah memiliki PlayStation Plus bisa memainkannya secara cuma-cuma, bersamaan dengan Battlefield 2042, Minecraft Dungeons, dan Code Vein.

Humanity

Game berikutnya adalah Humanity yang digarap oleh Enhance, tim di balik Tetris Effect dan Rez Infinite.

Di game Humanity, pemain akan mengontrol anjing shiba inu yang tampaknya akan menuntun banyak orang untuk menyelesaikan deretan puzzle yang ada. Tidak hanya itu, "pasukan" manusia ini dapat dituntun untuk melawan boss.

Goodbye Volcano High

Selanjutnya, ada Goodbye Volcano High yang seharusnya dirilis pada 2021 lalu. Game naratif yang dipadukan dengan gameplay musik ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari Fang, tepat sebelum kiamatnya dunia.

Kini, Goodbye Volcano High dipastikan meluncur 15 Juni nanti.

Acara State of Play dimanfaatkan pula oleh Bandai Namco untuk menunjukkan game terbarunya, Naruto Boruto: Ultimate Ninja Storm Connections. Game ini merupakan kompilasi dari Ultimate Ninja Storm sebelumnya.

Bukan kompilasi biasa, game ini menghadirkan alur cerita baru dan karakter-karakter baru, yakni Ashura Otsutsuki dan Indra Otsutsuki.

Naruto Boruto: Ultimate Ninja Storm Connections meluncur pada tahun ini.

Baldur's Gate 3

Game berikutnya adalah Baldur's Gate 3. Permainan yang digarap Larian Studios ini memiliki genre RPG yang dapat dimainkan sendiri ataupun bersama tiga teman.

Dunia Baldur's Gate 3 berbasis permainan Dungeons & Dragons sehingga kelas dan ras yang dapat dipilih pun juga sesuai dengan permainan tersebut.

Baldur's Gate 3 akan dirilis tanggal 31 Agustus untuk konsol PS5.

Ada juga Wayfinder yang merupakan game multiplayer yang diklaim penuh kustomisasi. Saat melakukan ekspedisi, pemain dapat menentukan tantangan unik yang akan dihadapi.

Jadi, musuh yang ditemui, bos yang dilawan, dan material yang dikumpulkan akan tergantung pemain. Versi beta untuk game online ini hadir 28 Februari nanti.

Selanjutnya, giliran Capcom untuk menunjukkan gamenya. Pertama, ada Street Fighter 6 yang menampilkan tiga karakter baru yang akan bergabung dalam roster game itu.

Ada Zangief dan Cammy yang sebenarnya sudah menjadi karakter ikonik seri Street Fighter, dan ada juga Lily yang baru diperkenalkan di Street Fighter 6. Game ini akan dirilis pada 2 Juni.

Kedua, Capcom memamerkan trailer Resident Evil 4 Remake. Versi baru dari game yang dirilis pada 2005 ini akan menghadirkan mode Mercenaries yang membuat Resident Evil 4 Remake lebih menantang.

Sebab, pemain harus melawan musuh dan mencapai tujuan dalam waktu yang terbatas. Makin bagus performa pemain, makin tinggi pula skor yang diperoleh. Game ini akan hadir pada 24 Maret.

Setelah Capcom, Rocksteady Studios memperlihatkan gameplay Suicide Squad: Kill The Justice League dalam trailer sepanjang 15 menit.

Game aksi dengan sudut pandang orang ketiga (third person) ini mengajak pemain untuk bermain sebagai Captain Boomerang, Deadshot, Harley Quinn, dan King Shark dari DC.

Dalam cuplikan terbarunya, tampaknya karakter seperti The Flash dan Wonder Woman juga akan menjadi bagian dari cerita Suicide Squad: Kill The Justice League.

Game ini sendiri dipastikan meluncur pada 26 Mei, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Polygon, Jumat (24/2/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/24/14300037/game-baru-ps4-dan-ps5-yang-diumumkan-sony-di-state-of-play

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke