Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Saat Mengecas HP, Bikin Kualitas Baterai Berkurang

Tanpa disadari pengguna sering melakukan kesalahan dalam pengisian daya yang dapat berdampak negatif pada ponsel. Apa saja itu? Simak beberapa kesalahan ngecas HP yang sering dilakukan.

Menggunakan pengisi daya tidak original alias bukan bawaan merek ponsel Anda, menjadi salah satu faktor baterai cepat boros. Charger yang tidak ori biasanya tidak dapat mengontrol lonjakan listrik saat melakukan pengisian daya.

Apabila Anda memang harus menggunakan charger tidak ori usahakan untuk mencari merek charger yang mumpuni dan dikenal dengan kualitas terbaik. Caranya Anda dapat mencari review tertentu di berbagai marketplace.

Umumnya beberapa pengguna, baru akan mengisi daya saat baterai ponsel sudah mencapai nol persen dan mengisinya hingga full 100 persen. Ternyata cara ini tidak dianjurkan dan harus dihindari karena akan mempengaruhi usia baterai.

Pengisian daya seperti ini juga akan membuat kerusakan internal pada ponsel. Sebaiknya isi daya ponsel saat berada di titik terendah 20-25 persen selanjutnya lepaskan kabel saat ponsel sudah mencapai 98 persen.

Menggunakan smartphone saat mengisi daya

Banyak pengguna yang masih menggunakan smartphone saat sedang pengisian daya. Mulai dari bermain game hingga menonton video. Sebaiknya hal ini dihindari karena menggunakan smartphone saat pengisian daya membuat ponsel akan bekerja dua kali lebih keras untuk mengisi baterai.

Selain itu hal ini juga dapat menurunkan kualitas baterai dan akan berpengaruh pada masa pakai baterai yang singkat dan tidak awet.

Mengecas saat HP masih panas

Suhu memiliki peran penting dalam daya tahan dan peningkatan masa pakai baterai. Saat ponsel sudah panas maka cepatlah untuk mengistirahatkannya. Terlebih lagi jika ponsel sudah mulai mengisi daya. 

Apabila Anda langsung mengecasnya dikhawatirkan hal ini dapat membuat kapasitas baterai berkurang saat berada di suhu normal.

Smartphone saat ini dapat menghentikan pengisian daya saat baterai sudah terisi penuh. Namun, hal ini tidak membuat kabel pengisi daya juga ikut berhenti menyalurkan listrik.

Maka dari itu untuk menjaga kabel dan adaptor agar tidak cepat rusak, maka segera cabut adaptor dari stopkontak untuk meghentikan aliran listrik. Adaptor kualitas baik akan membuat proses charging juga berjalan lebih optimal.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/26/11150057/5-kesalahan-saat-mengecas-hp-bikin-kualitas-baterai-berkurang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke